bank bjb Salurkan Kredit Mesra di Medan

Jabarekspres.com –  Bekerjasama dengan Pemprov Jabar, bank bjb akan menyalurkan bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM di Kota Medan, Sumatera Utara. Salah satunya melalui program bjb Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Untuk diketahui, Sumatera Utara akan menjadi provinsi kelima yang menerima penyaluran bjb Kredit Mesra. Pelaksanaan di Kota Medan ditandai dengan acara ‘bjb Mesrakan Medan’ di Lapangan Benteng, Kota Medan, Rabu (1/2).

Hadir dalam acara tersebut Komisaris Utama Independen bank bjb Farid Rahman dan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi beserta jajaran, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Medan Doddy Zulverdi, Deputi Direktur Manajemen Strategi, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wan Nuzul Fachri, serta Perwakilan Pemprov Sumut dan Pemkot Medan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa program unggulan bank bjb ini ada untuk memberantas rentenir yang memberikan pinjaman uang dengan suku bungan tinggi dan harus memiliki agunan.

“Ini solusi yang bisa membantu warga menengah ke bahah pinjam uang tanpa bunga, tanpa agunan,” kata Ridwan Kamil.

Pihaknya tidak mau rakyat Indonesia menjadi korban rentenir yang saat ini pindah ke digital menjadi pinjaman online (Pinjol) ilegal. Jika dulu diintimidasi oleh debt collector, sekarang diintimidasi melalui digital dengan menyebar wajah peminjam.

“Jadi inilah solusinya, sudah ribuan masyarakat mendapat manfaat di belasan kabupaten/kota di Indonesia yang ada cabang bank bjb,” kata dia.

Program bjb Mesra, kata dia, kredit macetnya sangat kecil, yakni 1,3 persen. Hal ini membuktikan bahwa bjb Mesra sukses dan lancar. Emil pun meminta media massa memperluas informasi tersebut, khususnya di wilayah Sumut. Masyarakat bisa datang ke bank bjb, mengikuti prosedurnya dan langsung dibantu dengan sistem kredit bjb Mesra.

Dia berharap melalui program tersebut bisa terlihat rakyat Indonesia naik kelas kesejahteraannya. Hal ini pulalah yang membuat tingkat kemiskinan di Jabar turun tertinggi di Indonesia tahun 2022.

Sementara itu, Dirut bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, kredit bjb Mesra merupakan pembiayaan bagi jemaah di sekitar rumah ibadah antara lain Masjid, Klenteng, Vihara, Gereja atau Pura. Pembiayaan tersebut tanpa bungan dan agunan untuk usaha mikro perorangan yang belum bankable dengan plaforn maksimal Rp5 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan