Cara Cepat Bayar Hutang, 5 Cara Ampuh Anti Galbay!

Oleh karena itu, carilah mata pencaharian lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

BACA JUGA: MUDAH SEKALI! Cara Pinjam Uang di DANA Lewat Shopeepay Later, Begini Caranya

2. Rekap Semua Hutang

Pertama-tama, kamu harus memanajemen terlebih dahulu hutang-hutang yang mesti kamu pinjam.

Singkatnya, rekap hutang adalah kamu menuliskan daftar mana hutang yang menjadi prioritas harus segera lunas sampai hutang yang bisa kamu bayar telat.

Dalam hal ini kamu tentu harus mempertimbangkan suku bunga dan jangka waktu hutang. Mana yang paling mendesak dan menyesakkan, itulah hutang yang harus kamu prioritaskan.

Susunlah hutang-hutang kamu itu dalam skala prioritas agar kamu bisa mengontrolnya dengan kepala dingin tanpa panik.

BACA JUGA: Panduan Terlengkap dan Terbaru Cara Pinjam Uang di DANA, Bukan Lewat Teman!

3. Jual Aset

Cara ini mungkin paling efektif untuk melunasi hutang yang terus menerus menggelembung.

Ingat, penghasilan utama kamu tidak mencukupi untuk melunasi pinjaman. Jadi, ketika mencicil saja kamu sudah tidak mampu, maka mau tidak mau harus ada pengorbanan. Jual aset atau barang milik kamu.

Kalau kamu memang mempunyai aset yang bernilai sepadan dengan hutang yang kamu pinjam, maka aset tersebut harus kamu pertimbangkan matang-matang sebagai solusi melunasi pinjaman.

Ingat, hutang membuat hidup jadi tidak tenang. Kamu lebih baik mengorbankan aset yang berharga, toh kamu bisa membelinya lagi.

BACA JUGA: Tersenyum Lebar! Ada Saldo DANA Gratis Hari Ini, DANA Kaget Awal Bulan Februari 2023 Langsung Cair, Klik Linknya Segera!

4. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Berbeda dengan aset, barang yang tidak kamu pakai merupakan benda yang sebenarnya tidak bernilai. Jadi, manfaatkan barang-barang tak bernilai itu untuk membantu menambah-nambah uang untuk melunasi hutang.

Meski barang-barang tersebut tidak kamu pakai, tidak menutup kemungkinan kalau barang-barang tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain.

Jadi, sudah seharusnya barang-barang tersebut kamu jual kepada orang-orang yang tepat.

Caranya pun mudah. Kamu bisa memanfaatkan e-commerce atau media sosial untuk menjual barang-barang yang sekiranya sudah tidak kamu pakai.

Tinggalkan Balasan