Sudah Habiskan Rp 350 Miliar, Tugu Pacakarsa Kabupaten Bogor Akan Direnovasi Lagi

Jabarekspres – Keberadaan Tugu Pancakarsa yang berada di Jalan Sentul, Kabupaten Bogor rencanannya akan direnovasi lagi. Padahal tugu tersebut baru 1 tahun dibangun.

Tugu Pancakarsa yang diresmikan oleh Bupati nonaktif Ade Yasin itu diresmikan pada akhir 2021 lalu bersamaan dengan lima taman lainnya.

Untuk membangun Tugu Pancakarsa dan 5 taman, Pemkab telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 356,5 miliar yang dialokasikan pada 2021 lalu.

Proyek ratusan miliar itu merupakan program Pemkab  untuk mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project.

City Beautification Project meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika menyampaikan, Tugu Pancakarsa akan dirancang mirip seperti Logo Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Kan gini, ketika logo Kabupaten Bogor itu sudah melibatkan budayawan dan sejarawan jaman dulu, munculah ini (loga Pemkab) Ini kan bercerita kebudayaan dan sejarah,” Kata Ajat kepada Jabarekspres.com, Minggu (29/1/).

Ajat menyebut, logo Kabupaten Bogor itu tidak semuanya diambil dalam proses pembuatan Mahkota Tugu Pancakarsa.akan tetapi nanti dimodifikasi sesuai kesepakatan dinas-dinas terkait.

“Kalau (logo) Pemda kan ada kuningnya, tapi kalau lambang Kabupaten Bogor sendiri ada yang di hijaunya itu, di dalamnya, yang Sayaga, Prayoga, Tohaga itu. Kemarin menyampaikan logo itulah yang ditonjolkan,”tambahnya.

Masih kata Ajat, logo Kabupaten Bogor itu belum menjadi final dalam pembuatan Mahkota pada Tugu Pancakarsa. Tetapi akan ada penambahan atau pengurangan dalam proses pembuatan Mahkota Tugu Pancakarsa.

“Sementara kita ngambil main idea nya dari Sayaga, Prayoga dan Tohaga itu, nanti dikombinasikannya apakah dengan kombinasi yang lain,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan