Rumah Ambruk di Cimahi, Ini Penyebabnya!

CIMAHI – Tidak ada angin maupun hujan, tiba-tiba rumah ambruk di Jalan Budi, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jumat  27 Januari 2023.

Rumah ambruk tersebut terjadi pada pukul 12.00 WIB dan viral di media sosial. Rumah tersebut milik Anwar Aminudin warga Kelurahan Pasirkaliki.

Beruntung, saat kejadian pemilik rumah tidak ada di tempat sehingga tidak ada korban jiwa. Namun, kejadian ini menyebabkankan kerugian materi saja.

Salah satu Linmas Kelurahan Pasirkaliki, Yayat mengaku, bahwa dirinya mendengar suara gemuruh sebelum terjadinya rumah tersebut.

“Kejadian rumah ambruk tersebut warga sedang salat Jumat perkiraan pukul 12.00 WIB siang hari,” ungkap Yayat.

Sementara salah seorang keluarga pemilik rumah tersebut Egi mengatakan, dua pekan lalu sempat pondasi rumah tersebut mengalami pergeseran. Dengan itu, dirinya kata dia, langsung melapor ke RT/RW dan kelurahan setempat.

“Penyebabnya mungkin pondasi terus terkikis air sungai karena rumah tersebut dekat dengan sungai,” ucap Egi.

Bahkan kata Egi, rumah ambruk tersebut sudah mengalami retak-retak sejak sebulan lalu. Untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan, pihak  keluarga saat itu melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sementara Pelaksana Tugas BPBD Kota Cimahi Fitriandi Kurniawan menambahkan, rumah tersebut konstruksinya udah lemah akibat dimakan usia.

“Kami sudah melaksanakan penanganan dan asesmen terkait insiden ambruknya rumah dua lantai tersebut,” kata Fitriandi.

Fitriandi melanjutkan, tanggung jawab pemerintah Kota Cimahi harus memperbaiki kirimir sepanjang sungai dan membernarkan kontruksi tanah pemukiman ambruk tersebut. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan