Diberi Anggaran Rp1,1 T, DBMPR Jabar Bakal Fokus Perbaikan Infrastruktur

Jabarekspres.com – Tahun ini, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) mengaku bakal fokus pada perbaikan hingga penataan infrastruktur yang sebelumnya sempat terkendala Pandemi Covid 19.

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyulianto menyebutkan, untuk perbaikan dan penataan infrastruktur, pihaknya telah menerima anggaran sebesart Rp1,1 triliun dari Pemerintah Provinsi Jabar.

”Dengan anggaran itu, kita akan melakukan beberapa perbaikan mulai dari bidang Bina Marga, Tata Ruang, hingga Jasa Konstruksi,” katanya kepada wartawan, Selasa 24 Januari 2023.

Pria yang kerap disapa Abenk itu menyebutkan, secara kumulatif DBMPR Jabar mendapatkan anggaran di Bina marga dan Tata Ruang dan Jasa Kontruksi dengan total sekitar Rp1,1 T.

”Sekitar Rp600 miliar akan digunakan untuk melakukan perbaikan jalan sekitar 360 kilometer (km)  itu akan kita tangani (ditahun ini) se- Jabar,” bebernya.

Dia mengaku, dalam perbaikan itu, pihaknya akan memprioritaskan terlebih dahulu kepada jalur-jalur yang dekat dengan perkotaan hingga pusat ekonomi dan wisata.

”Jadi itu untuk memastikan akses ke pusat pertumbuhan se-Jabar. Sehingga dengan Anggaran provinsi itu (Rp 1,1 T) dengan memenuhi empat variabel, itu pasti akan kita tangani,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menambahkan diakhir masa jabatannya yang tinggal hitungan bulan mengaku belum puas dalam melakukan perbaikan jalan rusak.

Bahkan di tahun 2023 ini, dia mengaku Pemprov Jabar tidak lagi membuat program, melainkan lebih fokus kepada penyelesaian beberapa program yang selama ini dinilai masih kurang.

”Jalan mulus saya belum puas karena kemarin terkena covid (anggarannya), jadi yang tadinya untuk aspal jalan, saya tahan dulu. Makanya di tahun 2023 ini, saya tidak akan launching-launching lagi (progam) karena sekarang mah tahunnya panen, tahun gunting pita, tahun menaikkan volume-volume yang kurang,” ujarnya di Gedung Pakuan belum lama ini

Selain itu, Emil juga menuturkan bahwa pihaknya telah memberikan anggaran Rp 1 T kepada DBMPR Jabar untuk segera melakukan perbaikan khususnya pada jalan.

”Makanya anggaran Dinas Bina Marga (DBMPR) Jabar itu hampir Rp 1 Triliun saya kasih supaya mengaspal jalan karena sekarang covid sudah surut, Al – Jabbar (pembangunannya) sudah selesai. Jadi kesimpulannya per Januari 2023, Jabar kalau ditanya, itu lagi memperkuat performa,” pungkasnya. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan