Dinkes Jabar Kembali Galakkan Pemberian Vaksin Covid-19

Jabarekspres.com – Mulai hari ini, Selasa 24 Januari 2023, Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar) kembali melakukan pemberian vaksin Covid-19.

Ketua Tim Surveilens dan Imunisasi Dinkes Jabar, dr Dewi Ambarwati menjelaskan, dengan pemberian vaksin Covid-19 tersebut, maka setiap masyarakat bakal mendapatkan vaksinasi booster tambahan atau dosis keempat.

Menurutnya, vaksin dosis empat tersebut diberikan kepada masyarakat di atas 19 tahun. ”Bagi yang sudah 19 tahun keatas bisa langsung ke puskemas, kantor kesehatan pelabuhan, atau rumah sakit yang memberikan layanan vaksinasi Covid-19,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (24/1).

Dewi menjelaskan, pemberian vaksinasi dosis empat karena vaksin yang telah diberikan sebelumya hanya dapat bertahan selama enam bulan di dalam tubuh.

”Jadi setelah enam bulan pemberian vaksin sebelumnya ada kemungkinan imunitasnya udah mulai tidak ada. Kalau sudah menurun, masih ada kemungkinan terkena Covid juga. Jadi dengan booster ke-2 ini (vaksin dosis empat) itu dapat meningkatkan imunitas kembali,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk menunjang pemberian vaksinasi dosis empat ini, pihaknya menyediakan berbagai jenis vaksinasi mulai dari Pfizer dan Cosvac.

”Indofac belum ada (tersedia), tapi untuk stok itu tetap dipastikan aman, dan kalau ada kehabisan di lapangan juga kita udah prepare (persiapan) untuk minta ke kementerian (Kemenkes). Jadi saat ini di seluruh kabupaten kota di Jabar tersedia,” katanya.

Dewi mengaku, Dinkes Jabar bakal terus mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksin dosis empat tersebut.

”Vaksin dosis empat ini bukan untuk pemerintah. Tapi untuk kesehatan masyarakat itu sendiri agar terhindar dari Covid-19 kalau pun dia sakit (terpapar) itu tidak akan berat,” pungkasnya. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan