Rampung Dibangun, Gedung Blok I dan IV RSUD Kota Bogor Diresmikan Menkes dan Gubernur Jabar

BOGORMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan gedung blok I dan IV RSUD Kota Bogor dengan ditandai bunyi sirene pada Kamis, 19 Januari 2023.

Pembangunan kedua gedung penunjang fasilitas layanan kesehatan itu rampung pada Desember 2022. Gedung blok I yang diperuntukkan untuk IGD, rawat jalan dan MCU dibiayai dari bantuan keuangan (bankeu) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) senilai Rp 50 miliar.

Sementara pembiayaan gedung blok IV yang diperuntukkan untuk instansi radiologi berasal dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat sebesar Rp 41,6 miliar.

Menkes menjelaskan, pembangunan blok I dan IV RSUD Kota Bogor sebagai bentuk kolaborasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat antara pemerintah pusat, Pemprov Jabar dengan Pemkot Bogor.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pak Ridwan Kamil, pak Achmad Ru’yat, pak Bima Arya, karena ini adalah contoh di mana pemerintah pusat,  provinsi, dan daerah membangun fasilitas kesehatan,” ungkapnya dalam sambutan.

Menurutnya, sejauh ini secara nasional fasilitas kesehatan dinilai masih kurang, baik itu dari sisi kapasitas alat, ruangan maupun tenaga kesehatan.

Dengan begitu, pihaknya berjanji akan melakukan peningkatan fasilitas kesehatan secara bertahap di 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia, terutama untuk operasi jantung pasang ring, yang juga bisa untuk stroke dan kanker.

“Kita janji secara bertahap insyaallah sampai Pak Presiden Joko Widodo selesai masa jabatannya akan melengkapi 514 kabupaten kota agar bisa melakukan intervensi pasang ring jantung, yang bisa juga stroke dan kemoterapi untuk kanker,” sebutnya.

Dia membeberkan, ketiga penyakit tersebut menunjukkan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sementara saat ini baru ada sekitar 12 persen kabupaten kota yang bisa memberikan layanan terhadap penyakit-penyakit tersebut.

“Sekarang baru sekitar 55 kabupaten kota yang baru bisa memberikan layanan dasar terhadap penyakit-penyakit tersebut. Ini tugas besar yang harus dilakukan bersama-sama,” tuturnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peresmian itu menyampaikan rasa syukur atas fasilitas kesehatan khususnya gedung blok I dari bankeu Pemprov Jabar telah selesai dibangun dan siap beroperasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan