Desa Wisata Belum Optimal, Ini Gebrakan Disparbud di 2023

Lebih lanjut, salah satu desa di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor yakni Desa Pasir Jambu belum memiliki desa wisata hingga saat ini.

Pemerintah Desa Pasir Jambu sudah berencana untuk membentuk desa wisata memanfaatkan potensi wisata Sacangkewok, namun pembangunan atau pembentukan itu belum dilaksanakan.

Kepala Desa Pasir Jambu Wahyu mengakui, Setu itu memang akan dijadikan destinasi wisata. Namun untuk melakukannya membutuhkan anggaran besar.

’’Danau yang memiliki luas 5.000 meter persegi itu, rencananya memang akan dimanfaatkan sebagai tempat wisata,’’ ujarnya.

Kendati begitu, kata Wahyu, rencana yang sudah digagas ini, membutuhkan biaya yang sangat besar. Sedangkan untuk APBDesa sendiri tidak akan mencukupi untuk membangun kawasan situ Sancang Kewok itu.

Wahyu menilai, jika Situ Sacangkewok sudah dikembangkan menjadi objek wisata, dia berkeyakinan perekonomian desa Pasir Jambu dapat lebih maju.

Desa Pasir Jambu akan mendapatkan pendapatan desa dari retribusi masuk atau parker. Selain itu masyarakat desa juga akan diberdayakan untuk menjadi pengelola obyek wisata itu.

’’Nanti UMKM yang dikelola warga juga bisa berjualan di kawasan situ, dan ini dapat meningkatkan perekonomian,’’ pungkasnya (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan