Inilah Patner Bisnis Saham Anthoni Salim Yang Jadi Presdir BRMS

JABAR EKSPRES– Agoes Projosasmito Adalah seorang pebisnis sekaligus investor yang namanya mendadak naik daun akhir-akhir ini setelah Salim Group masuk menjadi salah satu pemegang saham pengendali baru di emiten BUMI dan BRMS. Selain mendadak diangkat menjadi Presiden Direktur PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) sejak 4 Maret 2022 lalu, banyak yang juga mengatakan bahwa Agoes Projosasmito ini adalah sosok yang cukup dekat dengan Anthoni Salim. Jadi siapa sebenarnya sosok Agoes Projosasmito ini?

Investment Banker Dengan Pengalaman 30 Tahun Agoes diketahui lulus dari jurusan Ekonomi di Universitas Kristen Satya Wacana sebelum meraih gelar diploma nya di bidang Ekonomi Pembangunan dari Australian National University. Setelah lulus ia diketahui bekerja sebagai Head of Capital Markets di Danareksa pada 1982. Agoes juga memiliki pengalaman yang panjang di industri keuangan. la pernah menduduki berbagai posisi penting seperti Vice President Director di DBS Securities Indonesia pada tahun 1992 – 1995, Managing Director di Danareksa pada 1995-2001, Komisaris Utama di PT NC Securities pada 2001-2016 dan President Director di PT Nusantara Mahabakti sejak 2007.

Peran Agoes di Pasar Modal Karirnya yang cemerlang di bidang pasar modal membuat ia dipercaya menjadi ketua Asosiasi Wakil Penjamin Emisi Efek Indonesia (AWPEEI) dari 2002 sampai sekarang. Agoes juga menjadi Anggota Dewan Ekonomi pada Panitia Standar Profesi Pasar Modal.

Berpengalaman 15 Tahun di Sektor Pertambangan Agoes Projosasmito juga diketahui adalah CEO pendiri PT Ithaca Resources yang bergerak di sektor batu bara. Perusahaan ini memiliki beberapa konsesi di wilayah Berau dan Kutai Timur (Wahau), Kalimantan Timur. Sejak 2020 sampai sekarang Agoes tercatat sebagai Komisaris Utama di PT Maduma Coal Energy. Selain itu ia juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Amman Mineral Investama yang memiliki 82,2% saham PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) sekaligus menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur AMNT sejak 2016. Amman Mineral mengoperasikan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, Batu Hijau.

Pemilik Klub Bola PSS Sleman Agoes juga diketahui menjabat sebagai Komisaris Utama PSS Sleman melalui PT. Putra Sleman Sembada (PT. PSS) sekaligus pemegang saham mayoritas a.n PT. Palladium Pratama Cemerlang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan