Resolusi 2023 || Harus Memiliki Financial Freedom

JABAR EKSPRES- Setiap orang memang mengartikan kebebasan finansial atau finansial freedom secara berbeda. Banyak juga orang yang menduga kalau ketika sudah tidak perlu bekerja berarti sudah finansial freedom.

Sebenarnya, financial freedom itu merupakan tahapan ketika seseorang sudah bisa mengendalikan keuangannya sesuai dengan pilihan hidup dan kebutuhannya.

Selain itu, financial freedom juga diartikan dengan memiliki sisa pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya hidup kedepannya. Dengan memiliki sisa pendapatan yang mencukupi pengeluaran yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu untuk melakukan apa yang diinginkan dapat disebut financial freedom.

Tips Mencapai Financial Freedom:

1. Bebas Utang, Bebas Urusan!

Hambatan terbesar menuju kebebasan finansial adalah memiliki utang. Utang yang paling utama perlu dihindari yaitu utang kartu kredit karena memiliki bunga yang sangat besar. Setiap mendapatkan uang seperti bonus, THR, atau memiliki sisa gaji, maka hal utama yang perlu dilakukan adalah membayar pinjaman sebanyak kemampuan.

2. Investasi Sejak Dini

Berujung Pensiun Dini Berapapun pendapatan yang dimiliki, cobalah menyisihkan sekian persen untuk berinvestasi. Tentukan anggaran investasi bulanan hingga tidak mengganggu kebutuhan bulanan. Dengan adanya kemungkinan terjadi inflasi, uang yang dimiliki tidak akan bernilai sama secara kurs. Tapi kalau berinvestasi, nilai dan nominalnya bisa jadi bertambah.

3. Anggaran Darurat

untuk Kebutuhan Darurat Hal yang sering kali menghambat seseorang meraih financial freedom adalah karena munculnya pengeluaran yang tidak terduga. Apabila seketika timbul pengeluaran yang mendesak, anggaran bulanan tidak akan terganggu jika sudah menyiapkan dana darurat maupun asuransi dari jauh-jauh hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan