Investasi Emas, Hidup Berpenghasilan Sampai Tua

JABAREKSPRES.COM – Untuk menjamin masa depan yang lebih sejahtera dan meningkatkan penghasilan, maka di perlukan untuk berinvestasi sedini mungkin. Tentunya ada banyak soal investasi, salah satunya: investasi emas

Investasi emas sebagai cara untuk menanamkan modal pada suatu instrumen yang berpeluang meningkat nilainya di masa depan sehingga investor dapat meraup keuntungan.

Investasi emas cenderung meningkat dari waktu ke waktu dan keunggulannya yang kebal inflasi yang sejak dahulu orang sudah memercayai.

Apa itu Investasi Emas?

Di lansir dari beberapa sumber, investasi emas adalah menginvestasikan modal terhadap emas. Misalnya dengan membeli dan menabung emas.

Sebagian orang lebih memilih emas untuk menyimpan aset dan berinvestasi daripada saham yang secara signifikan nilainya bisa naik turun.

Kebanyakan emas yang beredar di pasar Indonesia diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) serta PT Untung Bersama (UBS).

Untuk emas Antam udah mempunyai sertifikat internasional yang mendapat pengakuan oleh London Bullion Market Association. Sementara emas UBS baru mengantongi sertifikat nasional.

Jenis Produk Investasi Emas

Emas Batangan

Logam mulia adalah tipe investasi yang aman karena nilainya stabil, mudah pencairannya, dan tidak terdampak inflasi maupun faktor-faktor eksternal.

Membeli emas batangan juga bisa jadi opsi untuk investasi jangka panjang. Namun pertimbangkan faktor keamanan jika menyimpan barang berharga ini di rumah.

 

Perhiasan Emas

Emas perhiasan paling banyak diminati karena dapat sekaligus kamu kenakan, misalnya pada acara-acara istimewa.

Sayangnya nilai imbal hasilnya nggak setinggi produk emas yang lain karena terpotong jasa pembuatan, model perhiasan, beratnya berkurang, dan jangka waktu pemakaian.

 

EFT (Exchange Traded Fund) Emas dan Reksa Dana

Jika ingin berinvestasi emas secara aman, EFT dan reksa dana bisa jadi pilihan. Pasalnya kamu tetap berhak atas kepemilikan sejumlah aset emas tanpa perlu mengurus biaya keamanan maupun asuransi emas.

Sementara jika ingin bertransaksi emas melalui kedua instrumen tersebut, memang ada biaya yang dibebankan, namun biasanya jauh lebih rendah daripada aset lainnya.

 

Emas Berjangka

Ini merupakan kontrak berjangka untuk jual beli emas pada jangka waktu tertentu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan