Pemkab Bogor Alokasikan Anggaran Rp1,2 T untuk Infrastruktur

Jabarekspres.com – Pada 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bogor) bakal menggenjot pembangunan infrastruktur.

Pemkab Bogor sendiri mengalokasikan anggaran cukup besar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk belanja modal infrastruktur yakni Rp1,2 triliun.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyepakati Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 sebesar Rp9,14 triliun.

Kesepakan tersebut terkuak dalam rapat paripurna yang dilakukan eksekutif dan legislative pada beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Keuangan pada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan menyampaikan, dari alokasi anggaran tersebut disalurkan kepada Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

”Diperuntukan rehabilitasi dan pemeliharaan konstruksi jalan, jembatan dan irigasi itu diangka Rp558,9 miliar,” kata Achmad Wildan saat dihubungi Jabarekspres.com, Minggu (8/1/).

Selain itu, Pemkab Bogor juga mengalokasikan anggaran kepada sektor pendidikan sebesar Rp300,7 miliar yang diperuntukan untuk program pendidikan dasar, menengah dan PAUD.

Pemkab Bogor sendiri saat ini masih memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan hunian tetap (Huntap) di beberapa wilayah kecamatan. Untuk itu pemkab menganggarkan sebesar Rp166 miliar.

Sementara untuk sektor kesehatan, alokasi anggaran yang disediakan Rp13,7 miliar. Rencananya anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan puskesmas.

”Kota juga anggarkan untuk bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu) sebesar Rp 18 miliar. Sisanya menyebar, seperti untuk sarana dan prasarana kelurahan, jembatan rawayan dan ke seluruh SKPD,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan