Tata Cara dan Bacaan Sholat Dhuha, Lengkap Mulai Niat hingga Doa

JABAREKSPRES – Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan, karena memiliki banyak keutamaan, salah sataunya untuk membuka pintu rejeki dan keberkahan. Berikut tatacara sholat dhuha beserta bacaaan niat dan doanya akan dijelaskan adalam artikel ini.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, menyebutkan, meskipun hanya sholat sunah, namun sholat dhuha sama pentingnya untuk kaum muslim.

Hal ini sebagai bentuk kecintaan umat terhadap Rosulnya yang telah memberikan tauladan dan petunjuk, salah satunya dengan rutin menjalankan sholat dhuha.

Hal ini dibuktikan dari salah satu hadis Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu,yang menyebutknan

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) mewasiatkan aku tiga perkara: puasa tiga hari di setiap bulan, dua raka’at sholat dhuha dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari no. 1178, Muslim no. 721).

Dengan demikian, sholat dhuha merupakan salah satu wasiat dari Rosulullah diantara dua wasiat lainnya, yakni puasa tengah bulan atau Ayyamul bidh dan sholat witir sebagai penutup sholat dimalam hari.

Sholat Dhuha memiliki waktu khusus yakni di waktu dhuha, atau seusai syuruk dan sebelum waktu dhuhur. Waktu dhuha juga disebut merupakan waktu yang istimewa, karena diberkahi, dan waktu yang ditetapkan bagi hamba Allah untuk mendapat kemurahan rezeki, sehingga sangat dianjurkan untuk bermunajat kepada Allah SWT di waktu tersebut.

Berikut Tata cara mengerjakan Sholat Dhuha.

Sebagaimana rukun sholat, sholat dhuha juga memiliki rukun yang sama dengan sholat sunah lainnya. Demikian juga bacaannya, yang membedakan hanya pada bacaan niatnya.

Niat Sholat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

“Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku niat sholat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

Selaian niat, ada yang membedakan lagi, yakni pembacaan surat pendek. Sangat dianjurkan saat mengerjakan sholat, membaca surat pendek Al Qur’an Asy-Syams pada rakaat pertama dan Ad-Dhuha pada rakaat kedua.

Hal ini berdasarkan hadist riwayat ‘Uqbah bin ‘Amir:

“Rasulullah pernah memerintahkan pada kami mengerjakan sholat dhuha dengan membaca Surah Asy-Syams dan Surah Ad-Dhuha.” (HR At-Thabrani).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan