MANTAP! Insentif Kartu Prakerja Naik Jadi Rp4,2 Juta

JABAR EKSPRES – Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang berminat mengikuti program resmi pemerintah Kartu Prakerja, sebab insentif tahun ini akan naik jadi Rp4,2 juta.

Pemerintah melalui Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja akan membuka lagi pendaftaran program ini dengan besaran insentif Rp4,2 juta.

Jika di tahun sebelumnya insentif yang diberikan kepada penerima program ini senilai Rp3,55 juta, di tahun ini akan diberikan senilai Rp4,2 juta.

Jika Anda lolos seleksi Kartu Prakerja 2023, Anda bisa mendapatkan insentif dengan besaran tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan Bantuan Saldo DANA Gratis, Langsung Cair Awal Tahun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa insentif program di tahun ini memang akan meningkat.

Pihaknya akan memfokuskan biaya insentif pada peningkatan kompetensi. Bahkan pelatihan tersebut akan diadakan secara online, offline, dan bauran.

“Biaya pelatihan semulanya Rp1 juta itu meningkat ke Rp3,5 juta, jumlahnya memang lebih massif, karena tidak hanya online tetapi juga offline juga ada,” kata Menko Airlangga, sebagaimana Jabarekspres.com mengutip dari prakerja.go.id.

Disamping itu bantuan yang sebelumnya diberikan Rp600.000 kali empat, di tahun 2023 insentif pasca pelatihan menjadi Rp600.000 kali satu.

Baca Juga: Cara Buat Akun Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48

Mengingat bahwa sejak pertama kali program pemerintah ini diluncurkan sebagai bentuk inisiatif pemerintah Indonesia dalam merespon pandemi Covid-19 di tahun 2020 hingga 2022.

Sehingga, program ini bisa disebut juga sebagai program pemerintah berbasis semi-bansos.

Karena biaya insentif pasca pelatihan lebih besar dibanding biaya pelatihan sendiri.

Untuk tahun ini, program Kartu Prakerja diluncurkan kembali untuk mempersiapkan para pekerja di masa depan dengan skill yang luar biasa.

Jadi, biaya insentif pasca pelatihan di tahun ini lebih kepada biaya transportasi bagi para peserta untuk mengikuti pelatihan offline.

“Jadi ini hanya murni untuk biaya transportasi,” ucapnya.

Baca Juga: INFO TERBARU! Kartu Prakerja 2023 Bakal Dibuka, Ini Jadwal, Syarat dan Cara Daftar

Berikut rincian insentif Rp4,2 juta bagi penerima program pelatihan program Prakerja di tahun ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan