Chui Mie

Johannes Kitono

Siaran radio khususnya BBC bahasa Indonesia sangat berjasa terhadap kehidupan manusia. Hari Pahlawan 10 November lahir berkat suara Bung Tomo di radio yang membakar semangat juang rakyat Surabaya. Ketika zaman Ganyang Malaysia, suara wartawan RRI , Des Alwi ( alm ) menggelora dari Malaysia. Hasilnya, Opsus yang dipimpin oleh Jendral Ali Murtopo melakukan negosiasi dengan Malaysia sehingga terjadilah perdamaian untuk perang yang sia sia. Dan Del Alwi yang anak angkat Sutan Syahrir ternyata teman kuliah Tun Abdul Razak di London. Otomatis negosiasi bertambah lancar.Masih ingat Cory Aquino, ibu rumah tangga yang *terpaksa* jadi Presiden Philipina ( 1982- 1992 ).Suaminya senator Benigno Aquino yang ditembak mati rezim Marcos ketika pulang ke Philipina adalah mantan wartawan hopeng Des Alwi.Nah dulu ada radio merk Tjawang bikinan Gobel yang bisa ditenteng kemana mana. Lucunya, ketika mau jual radio itu di kota Sanggau, permintaan orang kampung cuma satu. Radio tsb harus bisa menyanyikan lagu Teluk Bayurnya Erni Djohan.Wow repotkan kalau pas ada pembeli suara di radio justru lagu Genjer Genjer. Radio tidak laku justru mengundang masalah, dipanggil Intel.

sinung nugroho

Welahan salah satu kecamatan di Kabupaten Jepara yang posisinya ada di sebelah tenggara. Welahan berbatasan dengan Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Kedua kecamatan ini langganan banjir setiap tahun. Di Welahan ada salah satu Kelenteng tertua di Indonesia, kelenteng Hian Thian Siang Tee. Kelenteng ini dibangun dua bersaudara Tan Siang Hoe dan Tan Siang Djie. Di sebelah utara Welahan ada Kecamatan Mayong yang pernah terkenal penghasil kerajinan gerabah, di barat daya Welahan ada Kecamatan Kalinyamatan terkenal dengan kerajinan monel. Selain kerajinan ukir kayu, Kabupaten Jepara juga menghasilkan kerajinan gerabah dan monel.

bagus aryo sutikno

RADIO . Ada 2 frasa pantun yg selalu dibaca penyiar radio saat ada pendengar titip lagu untuk pendengar lainnya. . Empat kali empat ada enam belas Sempat tidak sempat harap dibalas . Kapan udan’ne tak ngumbah piring Kapan mantu’ne aku pingin ngiring. . Dino sabtu lungo nyang Purwodadi Aku mantu mugo2 Boss DI iso ngrawuhi #halu lvl musangking

Tinggalkan Balasan