91 Persen Wartawan Peserta Roadshow UKW PWI Jabar di Bogor Dinyatakan Kompeten

BOGOR – Sebanyak 103 wartawan di Bogor Raya mengasah kemampuan di ajang Uji Kompetensi Wartawan yang dihelat Persatuan Wartawan Indonesia (UKW PWI) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat (Jabar) di Hotel Salak The Heritage, Kota Bogor pada 27-28 Desember 2022.

Rangkaian Roadshow UKW PWI Jabar yang digelar selama dua hari tersebut mencetak wartawan yang profesional pada angkatan 53, 54 dan 55 di tahun 2022. Sebanyak 91 persen peserta UKW lulus ujian dan dinyatakan berkompeten.

Direktur UKW PWI Pusat Rajab Ritonga menjelaskan, dari 103 peserta yang lolos verifikasi dan administrasi, hanya 89 peserta yang hadir saat pelaksanaan berlangsung.

Setelah mengikuti beragam materi yang di ujikan dalam setiap sesi UKW, akhirnya 18 orang penguji memutuskan ada 81 orang wartawan yang berhasil dinyatakan lolos dan 8 orang lainnya dinyatakan belum kompeten.

Dirinya mendorong, bagi wartawan yang belum lulus UKW dapat kembali mengikuti dalam batas waktu enam bulan ke depan.

“Untuk yang sudah lolos atau dinyatakan kompeten saya ucapkan selamat. Bagi yang belum kompeten, jangan berkecil hati. Sebab, pengalaman dan pembelajaran dua hari ini akan bermanfaat untuk ke depannya,” ungkapnya dihadapan para peserta UKW.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, pihaknya berterima kasih pada Diskominfo Jabar yang telah mewujudkan misi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menargetkan 1.000 wartawan di Jabar jadi wartawan berkompeten.

Menurutnya, UKW PWI merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan. Pasalnya Jabar memiliki penduduk yang banyak atau berpopulasi padat yang simetris dengan pertumbuhan media massanya juga.

“Media banyak, kalau wartawan atau konten kreatornya tidak terkualifikasi baik bagaimana dengan beritanya? Kami ingin jurnalis memenuhi masuk kaidah jurnalistik di Indonesia,” paparnya.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan, kolaborasi Pemprov Jabar bersama PWI Jabar dalam menyelenggarakan UKW tersebut lahir atas inisiasi Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Hal itu, sambung dia, sebagai komitmen mendorong peningkatan SDM di kalangan wartawan yang berkompetensi dan berdaya saing, serta siap menghadapi tantangan zaman.

“Target UKW yang digagas adalah 1.000 peserta digelar secara roadshow di 10 wilayah Jawa Barat. Untuk tahap pertama dilaksanakan di Bandung Raya November lalu dengan 100 peserta semua jenjang yaitu UK muda, madya dan utama. Termasuk yang di Kota Bogor ini,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan