Cair Lagi! Bansos PKH 2023 Tahap 1 Siap Disalurkan, Segera Cek

JABAR EKSPRES – Bansos PKH 2023 menjadi salah satu program yang sudah direncanakan dan mendapat anggaran dari pihak pemerintah.

Kemensos menyebutkan bahwasanya program keluarga harapan PKH adalah sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak.

Program keluarga harapan PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosial.

Melalui PKH keluarga penerima manfaat didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan pendidikan pangan dan gizi perawatan.

Baca Juga: Jadwal Pencairan PKH Tahun 2023 Sudah Rilis? Cek Sekarang Juga!

Pada buku APBN 2023 beberapa jenis Bansos telah resmi ditetapkan, termasuk PKH berkisar 10 juta KPM.

Apabila menilik pada tahun-tahun sebelumnya maka proyeksi pencairan tahap 1 menurut perkiraan cair di awal tahun. Pencairan berlangsung antara bulan Januari – Maret 2023.

Meski begitu pencairannya bisa saja berlangsung tidak serentak, karena KPM yang menerima bantuan PKH tersebut adalah dalam jumlah yang besar.

Bansos PKH diperkirakan akan cair sebesar Rp.1.500.000 juta sampai Rp.2.100.000 juta.

Baca Juga: Pemerintah Salurkan 7 Bansos 2023 Dengan Anggaran Rp 479 Triliun, Ada PKH?

Kenapa ada perbedaan nominal bantuan yang disalurkan kepada keluarga penerima manfaat? Karena pemerintah membagi 2 kategori penerima.

Kategori pertama KPM akan diberikan uang sebesar Rp.1.500.000 juta, diperuntukkan bagi keluarga yang mempunyai dua anak usia 0 – 6 tahun.

Kategori kedua KPM akan diberikan uang sebesar Rp.2.100.000 juta, diperuntukkan bagi keluarga yang mempunyai dua anak usia 0-6 tahun dan lansia.

Baca Juga: Resmi! Aturan Baru Kartu Prakerja 2023, Insentif Naik dan Pendaftaran Bisa Offline

Apabila syarat tersebut terpenuhi maka keluarga penerima manfaat berhak mendapat bantuan.

Hal tersebut dilakukan agar rakyat dapat terlindungi dan momentum pemulihan terus berjalan dengan dukungan APBN.

Demikian informasi mengenai Program Keluarga Harapan 2023.

Pantau terus informasi terbaru mengenai bantuan sosial dan bantuan langsung tunai lainnya di Jabarekspres.com, karena informasi terbaru akan selalu dipublikasikan.

Baca Juga: Kemensos Hapus Bansos 2022 Ini dan Tidak Akan Dilanjutkan Pada 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan