6 Ajaran Jepang Yang Bisa Membantu Kamu Menjadi Lebih Baik

JABAR EKSPRES-Negara Jepang merupakan negara yang terkenal dengan kemajuanya. Maka dari itu tak sedikit orang yang mengambil pelajaran dari kesuksesan orang-orang di Negara Jepang. Khususnya bagi orang Indonesia, pelajaran dari negara Jepang ini bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Agar hidup kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Berikut inilah 6 Ajaran Jepang yang bisa membantu kamu menjadi lebih baik.

1. Oubaitori

Teori Oubaitori mengajarkan kita untuk Jangan membandingkan dirimu dengan yang lain.

Setiap orang punya jalan hidupnya masing- masing dan bertumbuh dengan cara yang berbeda. Jangan menghakimi dirimu hanya berdasarkan perjalanan orang lain.

2. Kaizen

Teori kaizen cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Teori ini mengajarkan kepada kita untuk Terus berkembang tanpa penghalang.

Teruslah bertumbuh dari segala aspek dan sisi kehidupanmu. Karena sesungguhnya, makna dari kehidupan bukan hanya untuk menjalankannya, tapi untuk berkembang.

3. Wabi-sabi

Wabi sabi merupakan teori yang mengajarkan kita untuk Merangkul ketidaksempurnaan

Tidak ada yang sempurna. Setiap manusia memiliki keunikan dan tujuannya sendiri. Terimalah kekuranganmu dan temukanlah keindahan dari ketidaksempuraan.

4. Gaman

Sedangkan teori gaman ini memberikan pelajaran agar kita senantiasa Kuatkan diri di masa sulit. Tidak mudah menyerah dan berani menghadapi segala kondisi.

Masa sulit harus dihadapi dengan pengen- dalian emosi, kedewasaan dan kecerdasan emosional. Kita membutuhkan kesabaran, ketekunan dan toleransi dalam hidup.

05. Ikigai

Teori Ikigai pun tidak kalah populer dengan teori lainya. Teori Ikigai mengajarkan kita untuk menemukan  alasan dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Setiap manusia memiliki tujuan tersendiri. Temukan alasan kamu bangun di pagi hari. Apa yang kamu suka? Apa tujuanmu ? Apa yang ingin kamu capai ? Apa alasanmu ?

6. Shikita Ga Nai

Nah teori yang terakhir adalah teori Shikita Ga Nai yang mengajarkan kita untuk ikhlas menerima dan merelakan

Seperti dalam pepatah bijak. Bahwa Yang bukan milikmu, tidak akan pernah menggapaimu. Yang ditakdirkan untukmu tidak akan kemana. Relakan apa yang tidak bisa kamu kontrol dan lanjutkan hidup.

Itulah 6 pelajaran dari negara Jepang yang dapat kita ambil hikmah nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan