Banyak Tabungan! Berikut Tips dan Trik Mengatur Gaji Bagi Pemula

JABAREKSPRES – Mendapatkan gaji yang baru pertama kamu dapatkan membuatmu merasakan kesenangan dan bangga pada diri sendiri, hal tersebut dikarenakan kamu yang telah berhasil memiliki penghasilan sendiri. Hal tersebut juga membuat kamu sudah tidak perlu lagi meminta uang jajan pada orang tua.

Untuk kamu yang baru pertama bekerja dan mendapatkan gaji untuk pertama kalinya, mengatur gaji merupakan hal yang cukup menyulitkan. Yang menjadikannya sulit karena kamu belum memiliki manajemen keuangan yang baik, sehingga gaji yang kamu dapatkan kemungkinan hanya lewat saja.

Dalam mengatur gaji, kamu harus pintar-pintar dalam mengalokasikan gaji tersebut. Dengan memiliki manajemen keuangan yang baik dapat membantu kamu dalam mengatur keuangan, sehingga dapat memiliki tabungan yang banyak.

Bagaimana cara mengatur keuangan untuk gaji pertama? Berikut tips dan trik yang dapat kamu gunakan dalam mengatur gaji pertama kamu yang dapat kamu ikuti.

  1. Pisahkan gaji untuk dana tabungan

Menabung sendiri sejak kita masih kecil tentu selalu diajarkan untuk menabung oleh orang tua. Dengan menyisihkan sebagian dari uang jajan yang kita miliki dulu untuk di tabung.

Dengan hal yang sama kita juga dapat menyisihkan sebagian dari gaji kita untuk dapat di tabung. Caranya dengan kamu bisa menyisihkan sekitar 40% untuk di tabung dan 60% digunakan untuk kebutuhan pribadi kamu sendiri.

Dengan melakukan cara tersebut kamu dapat menghemat pengeluaranmu dan menyimpan sebagian dari gajimu untuk simpanan tabungan.

  1. Buat manajemen perencanaan dana untuk liburan

Kamu tentunya merasakan cape karena bekerja setiap harinya dalam lima sampai enam hari kerja dalam seminggu membuat kamu merasakan cape dan suntuk.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut kamu perlu melakukan liburan untuk menghibur diri kamu. Lakukan hal yang dapat membuatmu merasa tenang dan senang kembali.

Manfaatkan waktu liburmu untuk melakukan kegiatan hiburan yang menyenangkan. Untuk melakukan liburan sendiri, kamu perlu mengalokasikan dana yang kamu butuhkan untuk dana liburan kamu sendiri.

  1. Sisihkan dana untuk bayar tagihan

Berbagai fasilitas yang digunakan dirumah tentunya memiliki harga yang perlu kita bayar tiap bulannya. Misalnya seperti air, listrik, wifi, dan fasilitas lainnya yang kita gunakan.

Tinggalkan Balasan