Yayasan AHM Latih Anak Muda Duta Safety Riding Honda

“Target utama kami pada SR Camp 2022 adalah untuk melatih para peserta agar tetap berpikir kritis saat berkendara sehingga dapat mengenali potensi bahaya di jalan raya. Sehingga, mereka pun dapat juga mengajarkannya kepada teman, keluarga, dan masyarakat dengan cara unik dan kreatif khas daerah masing-masing dalam peran mereka sebagai duta safety riding,” ujar Muhib.

Sepanjang 2022, para duta safety riding telah mengedukasi lebih dari 8.500 orang usia produktif dengan pendekatan berbeda di setiap daerah. Pendekatan secara kearifan lokal dilakukan dalam menyampaikan pesan aman ke anak-anak usia sekolah hingga pemakaian istilah yang lekat dengan keseharian masyarakat. Kampanye ini dilakukan juga secara daring maupun luring untuk mendorong terciptanya aktifitas berkendara aman dan nyaman sebagai gaya hidup.

Safety Riding Lab
Untuk memudahkan edukasi keselamatan berkendara, Yayasan AHM bekerjasama dengan jaringan Main Dealer sepeda motor Honda dan sekolah binaan membangun fasilitas yang mendukung edukasi ini yaitu melalui Safety Riding Lab Astra Honda. Fasilitas ini kini telah berada di 5 lokasi yaitu SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi Jawa Barat, SMK Walisongo Menes Pandeglang Banten, SMK PABA Binjai Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, Jawa Timur dan fasilitas teranyar berada di SMAN Bali Mandara, Bali. Fasilitas sekolah ini terbuka untuk dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan keselamatan berkendara dengan fasilitas mumpuni seperti Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktek dengan beragam materi ajar seperti pendidikan etika lalu lintas, keterampilan berkendara hingga pemanfaatan media sosial.

Selain Safety Riding Lab Astra Honda, Yayasan AHM juga telah membangun 2 fasilitas lain yang ditujukan bagi anak usia dini yakni Zona Etika Lalu Lintas di Taman Pintar Yogyakarta dan Taman Lalu Lintas Anak di Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat. Kampanye secara masif juga turut menggandeng berbagai pihak seperti dalam kegiatan lomba kreatif bertajuk “Gen Z: Ride for Life” yang mengajak anak muda menghasilkan video kreatif, poster, hingga menjadi komika dalam mengenalkan lebih dekat ilmu keselamatan berkendara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan