Polda Jabar Siapkan 26 Ribu Personel Gabungan untuk Pengamanan Nataru

Jabarekspres.com – Kepolisian Darah Jawa Barat (Polda Jabar) menyiapkan sedikitnya 26 ribu personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kapolda Jabar Irjen Pol Santana, mengatakan pengamanan dan pengawasan perayaan Nataru bakal dilakukan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

”Selain menyediakan personel kita juga mendirikan 230 pospam (pos pengamanan),” katanya, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (22/12).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menambahkan setelah melaksanakan Operasi Lilin Lodaya pihaknya akan langsung melakukan kegiatan maintenance kondisi wilayah.

”Ini kegiatan rutin yang akan ditingkatkan selama tujuh hari mulai dari tanggal 3 berlanjut sampai dengan tanggal 9,” katanya.

Dia menyebutkan, ada 1.210  Gereja dan beberapa tempat lainnya yang akan dilakukan pengamanan oleh petugas.

”Lokasi lainnya yang kita amanakan adalah tempat-tempat yang digunakan untuk ibadah ada sekitar 334, kemudian objek wisata sekitar 598,” terangnya.

Selain beberapa tempat itu, lanjutnya, ada beberapa tempat kedatangan dan keberangkatan masyarakat seperti bandara, pelabuhan, hingga stasiun dan terminal akan dilakukan juga pengamanan.

”Terminal ada sekitar 60 tempat, kemudian pusat perbelanjaan atau mall ini ada sekitar 138, kemudian bandara ada tiga, lokasi pemusatan masa atau tempat kegiata dengan berbagai kegiatan kurang lebih sekitar 1.239 tempat,” terangnya.

Sebelumnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memastikan pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) akan berjalan aman dan lancar.Gubenur Jabar Ridwan Kamil, mengaku, dalam melakukan pengamanan Nataru, seluruh personel gabungan kini telah disiagakan.

”Kami akan melaksanakan pengamanan mulai dari tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2023. Dan tim juga gabungan sudah disiapkan,” ucap Emil sapaan akrabnya usai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (22/12). (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan