Hati-Hati! Waspadai Modus Pencurian Username dan Password

JABAR EKSPRES — Tanggal 20 Desember 2022 kemarin, sebuah akun Twitter @SeputarTetangga mengunggah sebuah postingan yang berisikan informasi tentang adanya modus baru yaitu modus pencurian data username dan password.

Dalam unggahan tersebut, terdapat sebuah foto yang merupakan hasil tangkapan layar percakapan yang berasal dari Instagram story milik @wargabanua. Nomor penipunya pun tertera dalam postingan tersebut.

Selain hasil tangkapan layar percakapan di WhatsApp, akun Instagram @wargabanua juga menuliskan keterangan tambahan yaitu “Waspada modus pencurian username & paswod!!!”. Selain itu, Instagram tersebut juga menyebut akun Instagram @kalseltoday dalam keterangannya.

Berikut merupakan percakapan dalam WhatsApp tersebut dengan inisial P (Penipu) dan W (pengirim dalam Instagram story dengan akun @wargabanua).

P: “Siang kak (emoji)”. (pukul 15.52)

W: “Siang kak, ada yg bisa dibantu” (pukul 15.54)

P: “Mohon Maap Sebelumnya Saya dengan ningsih Amel Memohon Maap Sebelumnya (emoji) bisa minta waktu nya kk (emoji). (pukul 16.06)

P: Maaf kk..minta waktunya sebentar..Maksud dari postingan ini gmana ya?kenapa mengatas namakan produk kami https//pictpicture.b0tnet.com/

Tolong segera dihapus Sebelum kami laporkan ke pihak Instagram dan akun anda di blokir”. (pukul 20.59)

Dalam unggahan berisi Instagram Story tersebut, akun Twitter @SeputarTetangga mengatakan “Trik ngechat bawa problem biar orang panik. Parah banget. Kalau yg dapet chat begini orang yg kagetan, bisa diklik sembarangan linknya.”

 

Belum ada yang memverifikasi secara pasti bagaimana tepatnya modus pencurian data semacam ini. Namun, kamu bisa berhati-hati dengan tidak langsung mengklik link apapun apalagi jika link tersebut pengirimnya tidak terverifikasi.

Selain itu, untuk memperkuat keamanan akun-akunmu, kamu bisa menerapkan fitur Two Factor Authentication atau Verifikasi Dua Langkah.

Fitur tersebut merupakan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun kam lebih jauh lagi. Fitur tersebut akan memberikan informasi dengan memastikan apakah orang yang berusaha masuk ke dalam akun tersebut adalah kamu sendiri.

Jadi, tetaplah berhati-hati dalam bertindak di internet dan jangan lupa bagikan juga informasi ini ke orang-orang terdekatmu terutama para orang tua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan