Seni Mengelola Keuangan Ala Negara Jepang

JABAR EKSPRES- Orang Jepang suka mengelola keuangan dengan teknik Kakeibo. Kakeibo ini awalnya dipopulerkan oleh seorang jurnalis perempuan pertama di Jepang bernama Motoko Hani pada tahun 1904. Awalnya, Kakeibo diterapkan untuk membantu para perempuan atau ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan.

Seiring berjalannya waktu “jutsu” Kakeibo ini mulai digunakan oleh siapapun tanpa memandang gender.

Kakeibo ini berbeda dengan teknik mengelola keuangan alias budgeting yang lainnya karena ketika kebanyakan teknik budgeting lain lebih memprioritaskan kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu, Kakeibo justru memprioritaskan budget untuk menabung terlebih dahulu ketimbang budget untuk kebutuhan sehari-hari, gaes.

Kenapa kakeibo lebih prioritasin nabung dulu ? Ada yang tau tidak ?

Karena tujuan utama dari kakeibo adalah untuk membentuk kebiasaan menabung.

Kamu dapat menyesuaikan pengeluaranmu untuk bisa mencapai target menabung.

Karena kakeibo ini teknik tradisional, jadi untuk menggunakan teknik kakeibo ini masih manual gaes, yaitu dengan menggunakan buku noted dan pulpen/pensil.

Nah, karena harus gunakan cara manual justru disitulah seninya karena kakeibo ini bisa membuatmu memiliki kesadaran diri dalam menggunakan uang.

Kamu jadi dapat memiliki kontrol diri untuk bisa memprioritaskan hal-hal yang memang penting.

Cara Kerja Kakeibo sebagai berikut :

Nah, kalo ingin menerapkan metode kakeibo, kamu harus menanyakan 4 pertanyaan utama ini pada dirimu sendiri. Apa saja 4 pertanyaan tersebut?

1.Berapa Banyak Uang Yang Saat Ini Kamu Punya

Tidak semua orang mendapatkan penghasilan bulanan secara rutin. karena itu, poin ini juga bisa mengacu pada setiap kali kamu menerima uang atau pendapatan.

2.Berapa Banyak Uang Yang Mau Ditabung

Sebagai permulaan sebaiknya jangan menentukan jumlah yang terlalu tinggi. Coba tentukan nominal yang proporsional dulu, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Kamu bisa memulainya di angka 10% dari penghasilan kamu.

3. Berapa Banyak Uang Yang Dihabiskan

Uang yang dihabiskan adalah uang yang akan kamu pakai buat memenuhi kebutuhanmu. Jumlahnya dari hasil pengurangan pendapatanmu dengan uang yang akan kamu tabung

4.Cara Meningkatkan Uang Yang Ditabung

Inilah bagian evaluasi. Perlu diingat bahwa tujuan kakeibo adalah menabung.

Tinggalkan Balasan