SMAN 1 Banjaran Gelar Expo Campus

Jabarekspres.com – Hari ke-5 Dies Natalies ke-37 SMAN 1 Banjaran melaksanakan Expo Campus. Acara yang digelar pada Sabtu, 17 Desember 2022 itu berujuan untuk membekali peserta didik kelas 12 mengenai perguruan tinggi baik negeri, swasta, maupun kedinasan secara langsung oleh instansi terkait.

Sedikitnya ada sembilan perguruan tinggi negeri dan 11 perguruan tinggi swasta yang turut andil dalam kegiatan ini. Di antaranya adalah IKOPIN, POLBAN, STTB, FKIP UNPAS, Telkom University, hingga UPI, UNY, dan ITB.

Expo Campus ini dimulai dengan persembahan tari dari Ekstrakurikuler Seni Tari, kemudian dilanjut dengan Talkshow spesial bersama alumni SMAN 1 Banjaran, yaitu Anisa Rahayu, S.Pd dan Salma Fauzani sebagai pembicara.

Kedua pembicara tersebut merupakan lulusan terbaik dengan segudang prestasi. Adanya talkshow ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tak hanya peserta didik dari SMAN 1 Banjaran saja yang menghadiri acara tersebut, kegiatan ini juga mengundang beberapa SMA yang berdekatan dengan SMAN 1 Banjaran, di antaranya SMA Handayani, SMA Pasundan Banjaran, SMA Pemuda, dan SMA Yumik.

Selain siwa, orang tua peserta didik pun turut diundang untuk hadir dengan harapan bahwa para orang tua pun ikut mengetahui tentang perguruan tinggi dan mendukung anak-anaknya untuk terus melanjutkan pendidikan.

Keseluruhan acara diisi dengan pemaparan presentasi dari tiap perguruan tinggi. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai stand dari perguruan tinggi yang dapat dikunjungi oleh peserta didik untuk bertanya seputar kampus seperti, cara mendaftar, prodi yang ada, hingga biaya dan beasiswa yang disediakan.

Selain perguruan tinggi, ada pula stand khusus yang menyediakan informasi tentang program KIP-Kuliah.

Tak berhenti di sana, acara juga diisi dengan kegiatan seminar pelajar dari Komunitas Saung Buku dengan topi yang diangkat ialah  “Optimalisasi Peran Literasi dalam Membangun Pemuda Berdaya Saing Global” dengan narasumber Selamet Nur Anom, M.Pd yang merupakan pimpinan Yayasan Miftahul Jannah An-Nuriyyah.

Pak Jaja Suharja selaku ketua pelaksana berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya dengan lebih baik. Sehingga, peserta didik SMAN 1 Banjaran lebih mengenal mengenai dunia perkuliahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan