Waspada! di Jalur Wisata Cibodas ada Titik Rawan Longsor

Jabarekspres – Masyarakat yang hendak berwisata di kawsan lembang harus hati-hati. Sebab, di beberapa jalan jalur wisata kawasan Lembang terdapat beberapa titik yang rawan longsor.

Menanggapi hal ini, Camat Lembang Herman Permadi mengakui, ada titik-titik longsor di Kecamatan Lembang, Bahkan beberapa titik ada di jalur wisata.

‘’Beberapa titik longsor ada di wilayan Cibodas terdapat dua titik longsor,’’ kata Herman kepada Jabareskpres, Sabtu, (17/12).

Neburutnya, terjadi longsor karena Intensitas curah air hujan tinggi yang mengguyur terus menerus sehingga terjadi longsor pada bagian tebing.

Diketahui sebelumnya, di lokasi itu sempat mengalami longsor pada Minggu 27 November 2022 lalu, akan tetapi kini bertambah, setidaknya ada beberapa titik longsor di wilayah Cibodas.

Kemudian disusul lonsor terjadi pada 16 Desember 2022 yang mengakibatkan sebagai jalan tertutup timbunan tanah.

Dengan adanya peristiwa longsor itu, lanjut Herman, di dominasi banyaknya lumpur tanah disertai air serta material kayu dari ranting pohon yang terbawa longsoran.

“Material tanah sudah disingkirkan secara manual dengan bantuan cangkul dibantu Petugas Polsek Lembang dan masyarakat sekitar,” jelasnya

Herman juga menjelaskan , warga sekitar sempat alami kesulitan membersihkan sisa puing longsor, namun akhirnya dapat diatasi.

“Alhamdulillah kurang dari 2 jam sudah dapat disingkirkan material longsor, namun kami himbau agar masyarakat disekitar baik pengendara tetap berhati-hati jika melintas kelokasi tersebut,” jelasnya.

Herman menghimbau kepada masyarakat atau wisatawan yang melintas jalur Cibodas atau sekitarnya diharapkan untuk selalu waspada. Jika terjadi hujan deras sebaiknya berhenti di tempat aman sampai hujan mereda,

“Jadi saya menghimbau kepada masyarakat yang melintas diharapkan hati-hati apalagi ketika terjadi hujan deras,’’ tambah Herman lagi. (mg1/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan