Wajib Tahu, 8 Tingkatan Surga dan Fasilitas Kenikmatannya  Berdasar Alquran

JABAREKSPRES – Setiap orang memiliki tujuan hidup yang sama, yakni untuk hidup kekal abadi kelak di rumah terakhirnya di surga. Kenapa semua orang ingin ke surga? ternyata fasilitas yang ditawarkan luar biasa menggiurkan. Berikut 8 jenis tingkatan surga dan fasilitas yang dijanjikan Allah kepada penghuninya.

Selayaknya saat orang akan membeli rumah, sebelum memilih rumah jenis apa yang akan dibeli, pastilah akan dicek dulu seperti apa spesifikasinya dan fasilitas kenikmatan yang ditawarkan. Demikian halnya rumah abadi kita nanti.

Ada 8 jenis surga yang sudah disebutkan dalam Alquran, Allah membaginya sesuai dengan klasifikasi keimanan seseorang. Termasuk fasilitas kenikmatan didalamnya.

Perbedaan dengan membeli rumah di dunia, untuk menempati surga, kita tidak bisa memilih seenaknya, karena penentuan surga bagi kita ada di kekuasaan Allah.

Perbedaan lainnya, untuk mendapat surganya Allah, kita tidak harus memiliki uang banyak seperti akan membeli rumah. Namun kita harus meraihnya dengan memeperbanyak amalan, ibadah serta semua hal yang diwajibkan dan disunahkan, serta menjauhi semua yang dilarang.

Bila timbangan pahala kita besar maka kita berhak menempati salah satu surga yang Allah persiapkan tersebut.

Berikut nama-nama surga sesuai tingkatannya lengkap dengan fasilitas kenikmatan didalamnya, dan kriteria calon penghuninya.

1. Surga Firdaus

Nama surga ini pun diabadikan dalam surat Al-Kahfi ayat 107 yang berbunyi:

“Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.”

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan membuktikan iman mereka dengan mengerjakan kebajikan yang disertai niat untuk mendapat rida Allah, maka untuk mereka telah disediakan surga Firdaus yang penuh kenikmatan sebagai ganjaran dan tempat tinggal bagi mereka.

2. Surga ‘Adn

Surga ‘Adn adalah salah satu dari nama-nama surga yang tentunya juga ada di Alquran.

Dalam surat Thaha Ayat 76, terdapat sedikit ulasan mengenai Surga ‘Adn.

Orang-orang yang akan masuk Surga ‘Adn adalah mereka yang senang menyucikan diri.

Surat Thaha sendiri adalah salah satu surga yang memiliki banyak sungai di bawahnya.

Berikut bunyi surat Thaha Ayat 76:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan