PLN UIP JBT Diduga Serobot Lahan Warga untuk Proyek Upper Cisokan

Jabarekspres – Keberadaan proyek Upper Cisokan milik PLN UIP JBT sejauh ini masih menyisakan masalah. Sebab, proyek tersebut diduga telah melakukan penyerobotan lahan warga.

Kuasa Hukum/Team Leader Advocacy Warga Roedy Wiranatakusumah mengatakan, lahan warga ada yang terkena dampak Proyek Upper Cisokan Pumped Storage Power.

PLN UIP JBT diduga telah melakukan perusakan tanah milik Cucu Setiawati di Acces Road dengan membangun jalan aspal tanpa ada penggantian sejak Proyek Upper Cisokan dilakukan.

“Perbuatan ini dapat dikategorikan sebagai tindak pidana dan kegiatan mafia tanah atas keterlibatan PT PLN UIP JBT di atas proyek dana pinjaman World Bank,” tegas Roedy Wiranatakusumah, belum lama ini.

Akibat pebuatan itu, Cucu Setiawati mengalami kerugian secara materi. Namun PLN UIP JBT seperti menutup mata ata mengas pelanggaran hak hukum warga yang terkena proyek itu.

Atas perbuatan yang merugikan itu, Roedy mengaku akan membawa masalah ini ke ranah hukum dengan membuat laporan ke Polisi.

Roedy mengungkapkan, warga terkena dampak Proyek Upper Cisokan Pumped  berada di Dusun Cimarel, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Warga setempat sudah jadi pemilik tanah bertahun-tahun sejak sebelum Covid-19 tidak mendapatkan kejelasan tentang penggantian hak ekonomi oleh PT Perusahaan Listrik Negara.

Sebagai kuasa hukum warga, Roedy sudah melakukan komunikasi dengan pihak PLN UIP JBT sejak April 2022, namun hingga saat ini  pihak PLN tidak memberikan tanggapan.

Roedy menuturkan, Upper Cisokan Pumped Storage Power Project merupakan utang rakyat Indonesia dan warga terkena dampak proyek dengan status ekonomi sangat tidak mampu.

Warga pemilih lahan telah berbuat baik hati mengikuti aturan Pemerintah dalam menyokong Pembangunan Strategis Nasional.

“Perlu diingat PT PLN UIP JBT merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menikmati upah besar atas pajak yang dibebankan kepada Warga Negara Indonesia,” ujar Roedy.

Seperti diketahui, pihak PT PLN UIP JBT Upper Cisokan Pumped Storage Power telah resmi melaksanakan Ground Breaking pada 22 September 2022. (win/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan