Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam & Cara Mengatasinya

Jabarekspres – Ketika mesin mobil dinyalakan atau dijalankan maka wajar jika mesin mobil bergetar. Sebab pada dasarnya mobil adalah hasil dari energi gerak bergabung dengan energi listrik.

Namun, jika mendapati mesin mobil bergetar saat diam maka artinya ada yang tidak beres. Penting untuk mencari tahu penyebabnya agar bisa segera membawanya ke bengkel untuk mengatasinya.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam

Mesin mobil bisa saja terus bergerak meskipun mesin dalam kondisi mati. Rupanya kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan berikut beberapa diantaranya:

1. Setelan Mesin yang Salah

Mesin mobil yang terus bergetar meskipun diam ternyata sering disebabkan oleh setelan mesin yang salah. Kondisi ini dapat terjadi ketika montir yang melakukan penggantian onderdil lupa untuk mengembalikan mesin ke kondisi semula. Setelan menjadi salah dan menyebabkan mesin bergetar saat diam.

2. Piston Sudah Aus

Jika sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi maka komponen dengan nama piston akan mudah aus. Piston yang aus ternyata bisa membuat mesin bergetar meskipun dalam kondisi diam. Oleh sebab itu wajib di cek kondisinya, dan jika memang aus perlu segera diganti agar mesin tidak bergetar terus-menerus.

Promo Irit Otoklix Flagship!

Saat ini Otoklix tengah mengadakan promo PROMOIRIT. Nah, kalau mau melakukan tune up maupun servis pada mobil kamu, manfaatkan Promo Irit dari Otoklix. Promo ini berlaku hingga akhir Desember 2022, dan meliputi ganti oli, tune up, servis rem atau servis rem + brake fluid + brake cleaner  Tentunya gratis filter oli dan jasa servis.

3. Busi yang Mengalami Kerusakan

Busi adalah komponen di dalam mesin kendaraan yang ukurannya kecil tapi fungsinya vital. Kerusakan pada busi ternyata bisa membuat mesin mobil bergetar meskipun kondisinya tidak dinyalakan. Maka harus di cek  berkala dan diganti jika memang sudah rusak.

4. Karet Penahan Kap Mesin Mengeras

Mobil memiliki komponen karet penahan kap mesin, dan pada umur tertentu karet ini akan mengeras. Padahal fungsinya untuk menahan getaran mesin, ketika mengeras maka fungsi ini tidak berjalan dan membuat mesin mobil bergetar saat diam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan