Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam & Cara Mengatasinya

Oleh sebab itu, komponen ini bisa diperiksa dan jika memang sudah keras maka artinya sudah masanya diganti dengan yang baru.

5. Kampas Rem Sudah Tipis

Sistem pengereman pada mobil ternyata juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mesin terus bergetar. Kampas rem yang sudah menipis membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Salah satu dampaknya adalah mesin menjadi bergetar terus meskipun dalam kondisi diam.

6. Kopling Mobil Bermasalah

Kampas kopling pada mesin mobil jika sudah aus bisa menyebabkan mesin mobil bergetar saat diam. Kondisi ini terjadi karena kopling yang aus akan membuat permukaan roda gila (flywheel) menjadi tidak rata. Sehingga memunculkan getaran pada mesin yang terjadi terus-menerus.

7. Velg Mobil Bengkok

Gangguan dalam bentuk mesin yang terus  bergetar bisa terjadi karena velg ban mobil bengkok. Kondisi ini bisa disebabkan karena kecelakaan dan tidak tertangani dengan baik. Namun bisa juga karena sengaja memakai ukuran ban terlalu kecil dari ukuran standar.

Efeknya velg mudah bengkok dan salah satu efek yang ditimbulkan adalah membuat mesin terus bergetar. Oleh sebab itu velg harus segera diganti yang baru dan pastikan diameternya sesuai standar pabrikan mobil tersebut. Sehingga kejadian serupa tidak akan terulang lagi.

8. Shockbreaker Bermasalah

Penyebab mesin bergetar saat diam berikutnya adalah komponen shockbreaker yang bermasalah. Komponen ini diketahui memiliki fungsi menjaga kestabilan mobil sehingga memberi kenyamanan saat dikemudikan. Hanya saja jika terjadi kerusakan maka mobil susah seimbang dan mesin bisa bergetar terus-menerus.

9. Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar

Mesin mobil bekerja maksimal jika mendapatkan aliran bahan bakar secara optimal. Sayangnya pada mobil yang memakai sistem injeksi sering bermasalah pada komponen injektor bahan bakar. Dampaknya distribusi bahan bakar terganggu dan membuat mesin mobil bergetar meski mesin sudah dimatikan.

10. Fan Rotor AC Mobil Rusak

Masalah bergetar terus-menerus juga bisa dari AC mobil, lebih tepatnya ada kerusakan pada fan rotor AC. Fan rotor AC yang sudah aus dan tidak berfungsi normal akan membuat perputaran kipas AC ikut tidak normal. Kondisi ini yang kemudian membuat mesin terus bergetar, sehingga perlu segera diganti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan