Microsoft Hentikan Dukungan Edge di Windows 7 dan Windows 8

JABAR EKSPRES – Menurut pengumunan dari perusahaan Microsoft, bahwa browser Edge akan di akhiri dukungannya untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.

Penghentian dukungan pada Windows 7 dan 8 rencananya bakal dilakukan pada pertengahan Januari 2023.

Keputusan ini di sampaikan oleh perusahaan melalui situs blog resmi Windows.

Dengan begitu Microsoft Edge pada Windows 7 dan 8 akan segera berakhir dukungannya.

Penghentian Edge dilakukan karena berakhirnya dukungan pembaharuan keamanan atau Extended Security Update (ESU) untuk Windows 7 dan 8.

Tetapi penghentian yang dilakukan bukan berarti para pengguna Windows 7 dan 8 tidak lagi bisa menggunakan Edge.

Para pengguna Windows 7 dan 8 masih bisa mengakses Edge, tetapi menggunakan versi lama yaitu versi 109.

Versi tersebut adalah versi terakhir yang di dukung oleh sistem operasi Windows 7 dan 8 dan tidak akan mendapatkan pembaruan ke versi baru.

Microsoft menegaskan bahwa Edge versi terakhir 109 di Windows 7 dan Windows 8 tidak akan mendapat lagi fitur baru, pembaharuan keamanan maupun perbaikan bug.

Di sisi lain, microsoft juga sudah berencana menghentikan dukungan untuk OS Windows 7 dan Windows 8, dan penghentian tersebut akan dilakukan pada 10 Januari 2023.

Sebenarnya dukungan untuk OS Windows 7 dan 8 sudah dihentikan dari berbagai pembaharuan sejak 2020.

Namun, karena OS Windows 7 memiliki pengguna yang banyak.

Microsoft akhirnya memperpanjang dukungan pembaruan khusus dan berbayar untuk Windows 7 dan Windows 8 hingga Januari 2023.

Tetapi setelah diperpanjang, akhirnya dukungan untuk OS Window 7 tetap akan di hentikan bersamaan dengan OS Window 8.

Dengan di akhirinya dukungan OS tersebut, Microsoft menganjurkan untuk mengakhiri dukungan yang sama berbarengan dengan pemberhentian Microsoft Edge.

“Kami memahami bahwa mengakhiri dukungan untuk Window 7 dan Window 8/8.1 tidak mudah untuk dilakukan beberapa pengembang, namun ini akan membantu pengguna tetap aman dari potensi ancaman dan resiko keamanan karena kedua OS tersebut tidak lagi di dukung pada 10 Januari 2023”. Kata Microsoft di blog Window.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan