Mengejutkan! Hasil Survei LSN, Moeldoko Tembus Lima Besar

JabarekspresLembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru, mengenai perkembangan elektabilitas bakal calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024. Dari Hasil survei LSN itu, Moeldoko dinyatakan masuk lima besar yang memiliki elektabilitas 4,1 persen.

Padahal sebelumnnya nama Kepala Staf Kepresidenan itu belum diperhitungkan dalam kancah Pemilihan Presiden (Pilpres).

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry menyampaikan, sejak survei pertama LSN setahun lalu, tidak ada perubahan progresif. Namun, secara mengejutkan, muncul nama Moeldoko ke dalam 5 besar.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko bisa menjadi satu-satunya capres papan tengah, yang berpotensi mengancam hegemoni tiga capres papan atas,”  ungkap Gema saat menyampaikan hasil via zoom, Jumat (16/1).

Pada survei LSN Januari 2022, dirinya menuturkan, elektabilitas KSP Moeldoko baru mencapai 2,4% dan berada di posisi ke-9. Lalu pada survei kali ini elektabilitas Moeldoko melesat menjadi 4,1% dan berhasil tembus 5 besar dalam papan survei.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan, beberapa tokoh papan tengah dan bawah seperti Ridwan Kamil, Andika Perkasa, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) elektabilitasnya stagnant. Bahkan cenderung menurun.

“Dengan demikian, KSP Moeldoko nampak paling moncer dan mengalami progres paling signifikan di tengah stagnasi elektabilitas capres-capres papan tengah dan papan bawah,” tutur Gema.

Dia menambahkan, apabila tren pertumbuhan elektabilitas Moeldoko tersebut bisa terus diakselerasi. Serta ada partai politik yang berani mendelekrasikan sebagai capres, bukan tak mungkin mampu beri kejutan.

Moeldoko sendiri, saat ini memiliki basis massa diberbagai daerah di Indonesia. Sehingga peluangnya  untuk menjadi Capres tetap ada. Tinggal bagaimana Moeldoko untuk melakukan komunikasi dengan Partai Politik.

“Mantan Panglima TNI di era SBY itu bisa menjadi kuda hitam yang mengejutkan pada Pilpres 2024 nanti,” pungkasnya. (zar/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan