Fitur Baru Kartu Prakerja yang Wajib Kamu Verifikasi Sekarang!

JABAR EKSPRES – Prakerja mempunyai fitur baru yaitu konfirmasi email prakerja. Fitur tersebut ditunjukkan untuk semua peserta Prakerja, bukan hanya yang sudah lulus, akan tetapi untuk semua peserta Prakerja yang mempunyai kontrak kerja.

Nantinya fitur tersebut mengharuskan kamu untuk mengkonfirmasi email.

Jika aktif maka klik tombol aktif. Namun jika tidak maka ada fitur untuk mengganti gmail baru, fitur tersebut mempunyai tujuan agar gmail peserta Prakerja yang tidak aktif dapat diganti dengan email yang aktif.

Nantinya akan dikirimkan kode OTP untuk memastikan apakah emailnya masih aktif atau tidak.

Apabila emailnya ingin diganti dengan email yang baru, maka hanya bisa dilakukan 1 kali saja.

Kode OTPnya berlaku 1 x 24 jam dan untuk permintaan OTP maksimal hanya 5 kali dalam sehari.

Contoh, ketika kamu salah memasukan kode OTP pertama, maka kamu bisa meminta kode baru lagi yang kedua, sampai batas permintaannya 5.

Baca Juga: Penerima Bansos PKH dan BPNT 2022 Dihapus Pada Tahun 2023? Penuhi Syaratnya Sekarang

Setiap login pun kamu diharuskan untuk memasukan kode OTP. Namun apabila tidak bisa masuk dan ada notifikasi “Maaf, layanan kami sedang mengalami gangguan. Cobalah beberapa saat lagi”, Ada beberapa kemungkinan, bisa dari koneksi internet yang kamu miliki yang sedang mengalami gangguan atau bisa juga browsernya, coba gunakan browser yang berbeda.

Tujuan dari kode OTP Prakerja sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan keamanan, dan

2. Memastikan bahwasannya email tersebut aktif. Adanya fitur tersebut diharapkan tidak ada kendala lagi untuk nanti bisa masuk ke dashboard Prakerja.

Bagi kamu yang memiliki email namun sudah tidak aktif atau lupa password, sekarang bisa membuat email baru. Melalui email baru kamu bisa mengganti email Prakerja yang lama. Jika tidak ada kendala maka tidak perlu diganti dengan yang baru.

Ketika sudah login maka ada notifikasi “Konfirmasi emailmu sekarang!”, kamu hanya perlu mengeklik menu tersebut kemudian akan dikirim kode OTP ke email kamu dan pada akhirnya email sudah terverifikasi dan sah menjadi akun Prakerja.

Apabila kode OTP tidak ada di kontak masuk, kamu bisa mengecek pesan masuk di spam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan