Cara Mining Bitcoin Bagi Pemula

JABAR EKSPRES – Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini banyak cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan mining bitcoin atau secara sederhana mining bitcoin adalah proses menghasilkan serta memasukan asset di dalam dunia kripto menggunakan teknologi komputer secara khusus.

Mining bitcoin itu sendiri merupakan satu aktivitas yang biasa dinamakan sebagai penambang bitcoin yang biasa ini dilakukan oleh seseorang yang disebut miners.

Peran miners ini ternyata masih belum banyak diketahui orang. miners ini berperan dalam menjalankan server bitcoin, dan selama melakukan itu mereka bisa mendapat bitcoin dan mata uang kripto lainnya atau biasa mereka sebut dengan alternative coin (altcoin), seperti ethereum, litecoin, bitcoin cash, dan sebagainya.

Miners ini yang menjalankan server bitcoin untuk memverifikasi transaksi bitcoin. Ketika seseorang memiliki bitcoin, maka orang itu wajib memiliki dompet digital atau wallet. Karena setiap transaksi bitcoin, baik menjual atau berbelanja dengan bitcoin, akan ada kode pribadi untuk transaksi itu.

Nah, ketika kode pribadi itu dikirimkan, harus ada proses verifikasi dari mining bitcoin. Pada saat itulah miners bekerja, dan mendapat imbalan bitcoin dan altcoin. Oleh karena itu, miners punya peran penting dalam bitcoin.

Lalu, bagaimana cara mining bitcoin?

Untuk bisa menambang atau mining bitcoin, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pemula. Sebab, menjadi menambang uang digital tidak mudah. Kamu perlu komputer super canggih serta kamu harus memiliki beberapa prinsip yang harus dipenuhi oleh para pemula yang ingin bitcoin dengan cara menambang. Seperti berikut:

  1. Dapatkan rig penambangan bitcoin

Uang kripto ini ditambang oleh perangkat khusus berdasarkan algoritma yang sama, ini biasanya disebut chip application specific integrated circuit (ASIC). Biasanya Perangkat khusus ini dibanderol cukup mahal namun proses penambangan bisa dilakukan dengan cepat. Pada tahap ini, para pemula yang ingin menambang bitcoin pun harus memastikan ketersediaan listrik agar proses penambangan tidak terganggu, serta harus memiliki perangkat penyimpan data yang besar.

  1. Memiliki dompet bitcoin

Dompet digital ini akan menyimpan hasil dari tambang. Dompet digital ini juga akan mengelola sumber bitcoin itu dari mana. Sebab, setiap bitcoin memiliki bentuk kode rahasia yang berasal dari kombinasi karakter unik. Dompet digital ini juga seperti kartu rekening, yang nantinya bisa menerima bitcoin dari seseorang dengan menyebutkan kode rahasia tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan