UNPAR Pertahankan Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Jabarekspres.comUniversitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali mempertahankan status akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku hingga 15 November 2027.

UNPAR menjadi satu dari 47 Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengantongi predikat teratas dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT itu.

Perpanjangan akreditasi Unggul UNPAR diterbitkan dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1998/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2022 tentang Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung.

Melalui siaran tertulisnya, UNPAR menyatakan jika Penetapan peringkat akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung dengan status peringkat akreditasi Unggul dan Nilai 364 berdasrakan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan mulai berlaku pada tanggal 15 November 2022.

SK tersebut ditetapkan di Jakarta pada 6 Desember 2022 oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. itu.

Akreditasi Unggul merupakan predikat teratas dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT. BAN-PT menetapkan tingkatan akreditasi yaitu, Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Akreditasi Unggul mengisyaratkan bahwa UNPAR menjamin aspek kualitas dan peluang karier lulusannya. Lebih dari itu, akreditasi Unggul menjadi salah satu acuan pula bagi masyarakat untuk memilih Perguruan Tinggi dalam melanjutkan jenjang ke pendidikan tinggi.

Berdasarkan data tahun 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terdapat 3.957 Perguruan Tinggi di Indonesia. Di sisi lain, melansir data dari laman resmi banpt.or.id, Selasa (13/12/2022), terdapat 47 Perguruan Tinggi dengan status akreditasi unggul.

UNPAR menjadi salah satu Perguruan Tinggi dengan status akreditasi unggul.

Selanjutnya, Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) terakreditasi Baik. Peringkat itu diraih untuk pertama kalinya sejak PS-PPI UNPAR berdiri pada September 2020. Sementara D-III Prodi Manajemen Perusahaan terakreditasi Baik Sekali

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. berharap UNPAR menjadi Perguruan Tinggi pilihan bagi para calon mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi. Baik pada jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, maupun Profesi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UNPAR Prof. Dr. J. Dharma Lesmono, S.Si., S.E., M.T., M.Sc., pun menuturkan bahwa akreditasi Unggul yang diperoleh memuat konsekuensi bahwa UNPAR harus terus berbenah meningkatkan mutu dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan