Tips Aman Berkendara Motor Bila Harus Menerjang Banjir

JABAREKSRPES – Memasuki musim penghujan banyak ruas jalan yang tiba-tiba menggenang dan terjadi banjir apalagi bila terjadi hujan besar. Hal ini harus selalu diantisipasi oleh pengendara motor agar tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman serta selamat sampai di tujuan. Dalam artikel ini akan diberikan tips untuk berkendara aman meski harus terpaksa menerjang banjir bagi pengendara motor.

Yang perlu diperhatikan pengendara motor adalah, selalu waspada dan berhati-hati saat mengendarai motornya, bukan hanya saat terjadi hujan namun setelah hujan reda pun, masih berpotensi menimbulkan masalah saat berkendara.

Banyak sekali kecelakaan yang dilaporkan terjadi karena dampak banjir, diantaranya lobang yang tak terlihat karena tertutup genangan air atau karena jalanan yang licin sehingga rawan membuat pengendara jatuh.

Untuk menunggu banjir surut, kadang membutuhkan waktu yang lama, dan hal tersebut akan sangat menghambat bagi orang yang sibuk atau memiliki waktu yang berharga.

Karenanya, Jabarekspres akan memberikan tips aman berkendara meski terpaksa harus menerjang banjir, seperti yang dilansir dari laman Astra Honda.

1. Kurangi kecepatan berkendara

Gunakan kecepatan rendah terutama saat melewati jalan yang belum pernah dilalui atau belum familiar dengan kondisi jalan tersebut.

2. Cari posisi riding yang nyaman

Setelah mengurangi kecepatan, berkendara yang sesuai prosedur tentunya dapat meningkatkan kenyamanan. Pengendara harus menyesuaikan posisi riding yang nyaman agar tidak terkena cipratan air dari kubangan.

3. Menunggu air surut

Jika menemukan permukaan jalan yang tergenang air, jangan memaksakan untuk menerobos genangan tersebut. Bila terpaksa harus melintasinya, pastikan ketinggian genangan air tidak terlalu tinggi untuk menghindari potensi air masuk ke dalam ruang bakar dan menyebabkan kerusakan.

4. Jaga jarak

Meski telah menggunakan kecepatan rendah, pengendara sepeda motor tetap perlu menjaga jarak saat melintasi genang air.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi adanya pengendara lain yang bermanufer secara tiba-tiba untuk mengindari lubang atau ada kendaraan yang mengerem mendadak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan