Sering Mewarnai Rambut, Hingga Bahanya Pada Kesehatan

JABAREKSPRES – Tak sedikit yang berpikiran bahwa dengan sering mewarnai rambut merupakan hal yang penting untuk penampilan.

Hal tersebut yang menjadikan mewarnai rambut sebagai sebuah keharusan dalam berpenampilan.

Banyak yang tidak menyadari seberapa bahayanya mewarnai rambut terhadap kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan keterangan ahli, terdapat beberapa bahaya yang disebabkan oleh mewarnai rambut terhadap kesehatan, yaitu mulai dari bahaya yang ringan hingga bahaya yang serius.

Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya penjelasan mengenai seberapa bahaya mewarnai rambut ini dapat memberikan anda penjelasan untuk dapat berfikir kembali jika akan mewarnai rambut secar terus-menerus apa dampak yang terjadi pada kesehatan tubuh anda.

Berikut ini bahaya terhadap kesehatan yang disebabkan oleh mewarnai rambut, seperti yang diungkapkan oleh ahli dari HelloSehat.

Bahaya yang disebabkan oleh mewarnai rambut terhadap kesehatan ini, mulai dari yang ringan adalah seperti adanya iritasi pada mata atau dapat menyebabkan mata terasa perih yang disebabkan oleh kandungan yang ada di bahan pewarna rambut.

Namun bahaya yang lebih serius terhadap kesehatan yaitu denagn seringnya mewarnai rambut dapat bepotensi memicu kanker.

Hal tersebut disebabkan karena kandunagn para-phenylenediamine atau PPD yang menyebabkan iritasi pada mata tadi adalah juga zat yang dapat menyebabkan kanker (karsinogen).

Selain para-phenylenediamine atau PPD, formaldehida juga memiliki sifat karsinogen ysng dapat memicu kerusakan janin di dalam rahim.

Bahaya yang disebabkan mewarnai rambut terhadap kesehatan juga disebabkan oleh timbal asetat. Timbal asetat ini disebut dapat menyebabkan kerusakan saraf, selain penyebab kanker.

Selanjutnya adalah zat DMDM hydantoin, yang disebut ahli dapat memicu masalah pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Jika amoniaa menyebabkan adaanya masalah pada pernapasan, kandungan resorsinol juga terdapat dalam pewarna rambut dapat mengacaukan hormon tubuh. Reorsinol juga disebut memiliki sifat karsinogen, seperti PPD dan timbal asetat di atas yang dapat memicu kanker.

Jadi dengan mengetahaui banyaknya penggunaan bahan kimia pada pewarna rambut, maka tidak mengherankan jika ada beberapa bahaya yang disebabkan mewarnai rambut yang bisa mengancam kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan