Disparbud KBB Rekomendasi 3 Bangunan Jadi Cagar Budaya Peringkat Kabupaten

Jabarekspres.com –Pamong Budaya Ahli Muda Subkoordinator Sejarah dan Cagar Budaya pada Disparbud Bandung Barat, Asep Diki, menyebutkan saat ini ada 250 objek yang diduga cagar budaya (ODCB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Namun, sejauh ini yang baru terdaftar di database Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) KBB yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya peringkat kabupaten baru dua.

”Posisi terakhir se-KBB ada 250 yang sebagian besar dikategorikan sebagai objek diduga cagar budaya karena baru terdaftar di database kita,” kata Asep Diki, saat dihubungi, Rabu 14 Desember 2022.

Kedua cagar budaya peringkat kabupaten adalah Bosccha dan Gua Pawon.  Untuk itulah, pihaknya saat ini tengah mengkaji tiga cagar budaya di KBB agar bisa menjadi cagar budaya tingkat kabupaten.

”Kita sedang melakukan proses kajian oleh tim ahli cagar budaya,” ucap Diki.

Menurutnya, tiga cagar budaya yang akan ditingkatkan menjadi peringkat kabupaten itu di antaranya : Stasiun Padalarang, Pabrik Kertas Padalarang, dan Radio Cililin.

”Kalau berdasarkan hasil kajian memenuhi empat kriteria cagar budaya sebagaimana amanat UU 11 tahun 2010,” jelasnya.

”Baru direkomendasikan ke Bupati untuk di SK-kan menjadi cagar budaya peringkat kabupaten,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, alasan memilih untuk sementara tiga cagar budaya yang direkomendasikan agar menjadi cagar budaya peringkat kabupaten karena sumbernya yang memadai.

”Selama ini baru tiga itu yang bisa dikaji karena aspek sumber literasinya lumayan adalah kalau dibilang banyak mah gak juga walau harus diterjemahkan dulu dari  Bahasa Belanda,” tandasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan