Aplikasi Generator AI Berbahaya Digunakan Dan Mengancam Eksistensi Ilustrator?

Jabarekspres.com –  Aplikasi generator AI tak cuma memberi pengalaman menarik bagi penggunanya. Di balik itu, ternyata ada potensi bahaya yang mengintai mulai dari soal data pribadi hingga pornografi.a AI merupakan aplikasi buatan Prisma Labs yang memanfaatkan foto dan memprosesnya dengan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat potret dalam berbagai gaya. Lensa AI Awalnya memproses foto narsis penggunanya, menganalisisnya, dan menghasilkan potret asli yang dimodifikasi oleh kecerdasan buatan.

Untuk menggunakannya, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu lewat App Store (iOS) atau Play Store (Android). Setelah itu, pengguna harus mengunggah banyak foto.

Kebijakan privasi Lensa AI menyebut “data wajah”akan  dihapus dalam waktu 24 jam setelah diproses dan tidak digunakan untuk mengidentifikasi pengguna individu mana pun dan tidak disalahgunakan . Namun, ketentuan platform juga menyatakan foto dan video pengguna dapat digunakan untuk melatih algoritma Lensa lebih lanjut. Maka dari itu, sangat disarankan supaya tidak mengupload foto yang sensitif dan privasi terhadap platform ini.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Pada laman blog Lensa AI juga menyebut pihaknya menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas online pengguna dari waktu ke waktu dan di seluruh situs web pihak ketiga atau layanan online lainnya (pelacakan aktivfitas). Meski demikian, Lensa AI mengklaim pelacakan ini dilakukan dengan persetujuan pengguna. Data yang dikumpulkan antara lain soal informasi perangkat seluler dan koneksi internet Anda, termasuk alamat IP, pengidentifikasi perangkat unik, sistem operasi, dan informasi jaringan seluler. Selain itu, Lensa AI juga mengumpulkan email teregistrasi, user ID, dan akun toko aplikasi pengguna (Google Play store atau Apple App store).

Beberapa seniman memanfaatkan potensi AI penghasil gambar untuk memberikan hasil yang menarik dan dipergunakan dengan baik. Sementara, seniman lainnya lebih skeptis tentang potensi dampak teknologi terhadap dunia mereka. Karena tentu saja banyak yang akan beralih dari ilustrasi yang berproses menjadi ilustrasi yang instan dan template

“Komersialisasi generator gambar ini akan berdampak pada kemampuan seniman untuk mempertahankan diri mereka dalam jangka panjang,” kata Leslie.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan