Warga Asal Lembang jadi Korban Penyaluran TKW Ilegal ke Riyadh

BANDUNG BARAT – Sebuah video viral menampilkan sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Indonesia yang diduga dikurung di Riyadh, Arab Saudi. Dari mereka diketahui seorang warga asal Lembang.

Pada rekaman video yang memiliki durasi 32 detik itu, terdengar suara perempuan yang meminta bantuan kepada Presiden Jokowi, Gubernur Jawabarat, Ridwan Kamil serta Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Pak Presiden Jokowi, Kang Ridwan Kamil, Bupati Dony tolong kami, bantu kami pulang ke Indonesia, kami sudah tidak kuat,” ucap perempuan pada rekaman itu.

“Teman-teman kami di atas dikurung, enggal dikasih makan, disiksa. Teteh mau pulang ke Indonesia, Pak Presiden tolong kami, kami ingin pulang secepatnya,” lanjutnya

Berdasarkan informasi yang diterima, salah satu diantara TKW yang berada dalam video itu, diketahui bernama Halimah (31) warga Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut keterangan sang suami, Asep Saepuloh mengungkapkan, Halimah diketahui pamit bekerja di Cicaheum, Kota Bandung untuk membantu berjualan kerudung.

“Kejadian itu pada Oktober 2022 lalu. Namun, belum lama ini Halimah dikabarkan terdampar di Riyadh, Arab Saudi,” jelasnya kepada wartawan, Selasa 13 Desember 2022.

Asep menyebut, seusai kepergian Halimah dirinya kehilangan kontak. Walaupun begitu, dirinya tidak curiga dan masih berpangkat istrinya masih bekerja di Cicaheum.

“Saya menyesalkan sikap Halimah yang tidak meminta izin  keluarga untuk bekerja ke luar negeri,” jelasnya.

Karenanya, lanjut dia, Asep khawatir dengan istrinya yang merupakan warga asal Lembang itu lantaran takut terjadi hal yang tidak diinginkan, mengingat saat ini sedang berada di luar negeri jauh dari keluarga.

“Istri ngomongnya mau bekerja di Cicaheum bantu jualan kerudung,” ungkap Asep.

“Saya tak menaruh curiga apapun, ya mungkin saja selama dua bulan ini enggak pulang karena masih sibuk di tempat kerjanya,” lanjutnya.

Waega Asal Lembang Pamit Kerja di Cicaheum

 

Dikatakan Asep, Halimah ternyata tidak sedang berada di Cicaheum,  perempuan berusia 31 tahun ini sudah tinggal di Arab Saudi.

Asep mengaku, terungkapnya keberadaan Halimah, seusai video salah seorang TKW asal Sumedang mengirimkan rekaman video tentang kondisi mereka di Riyadh.

Tinggalkan Balasan