Hati-Hati Jangan Sampai Tetipu! Dikira Streaming Live Piala Dunia 2022, Padahal Video Game FIFA 23

JABAREKSPRES – Saat ini, banyak oknum yang sedang memanfaatkan hype dari Piala Dunia 2022, demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar, salah satunya melakukan Live Streaming  di platform Youtube.

Dengan mengunakan fitur Live Streaming di Youtube ini, para oknum ini membuat siaran langsung palsu dengan embel-embel pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, padahal ternyata yang disiarkan langsung itu adalah video dari Game FIFA 23.

Tidak hanya satu dua orang, tapi ribuan orang yang menonton Streaming di Youtube ini merasa tertipu dengan tontonan yang mereka kira itu adalah siaran langsung dari Piala Dunia 2022.

Streamer dari platform Youtube ini memang dengan sengaja menampilkan Play Game FIFA 23 di resolusi rendah dan ditambah dengan judul yang clikbaitnya untuk memancing para pengguna Youtube menonton siaran langsung tersebut.

Para pengguna yang tertipu mengungkapkan perlu beberapa waktu untuk mereka menyadari bahwa konten itu palsu, dan akun tersebut telah dilaporkan. Tentu saja setelah diketahui bahwa rekaman tersebut palsu, banyak komentar dan banyak orang marah karena merasa tertipu karena mengatas namakan Piala Dunia.

Salah satu konten kreator menyebutkan bahwa memang cara ini biasa digunakan para streamer membuat video agar namanya cepat poluler. Dengan mengeksploitasi acara besar dan populer akan lebih mudah memancing para penonton untuk menonton streaming tersebut.

Meskipun hal ini berpotensi juga melanggar kebijakan terkait spam, praktik penipuan, dan scam. Tetapi dari Youtube sendiri sudah menyatakan dengan memakai judul, thumbnail, deskripsi untuk mengelabui pengguna agar percaya konten tersebut adalah sesuatu yang biasa. Akan tetapi bila ada yang melapor bisa menjadi salah satu pelanggaran kebijakan platform.

Dan biasanya, video-video yang dibuat para streamer seperti ini dapat disembunyikan dengan dimodifikasi setelah siaran berakhir, agar video – videonya terhindar dari moderasi google.

Tak banyak di sangka bahwa Livestream Game Play FIFA 23 tersebut mampu menipu puluhan ribu orang. Apakah kamu termasuk diantara orang yang tertipu?

Biar kamu tidak tertipu dan merasa dikerjai, tentu saja yang terbaik adalah dengan menonton Piala Dunia 2022 di situs streaming yang legal, atau secara langsung melalui siaran tv digital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan