Resmi dari Pemerintah, Cara Mudah Mendapatkan Uang Rp1 juta, Khusus Pelajar atau Orang Tua yang Memiliki Anak Sekolah

Jabarekspres.com — Artikel kali ini akan membuka fakta Cara Mudah Mendapatkan Uang Rp 1 juta, Khusus Siswa atau Orang Tua yang Memiliki Anak Sekolah.

Cara mudah mendapatkan uang Rp 1 juta ini resmi dari program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan serta meningkatkan indeks pendidikan atau indeks pembangunan manusia (IPM)

Cara mudah mendapatkan uang Rp 1 juta ini bertujuan membantu anak usia sekolah dengan Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP).

Saat ini, atau paska pandemi covid-19, pemerintah mulai memulihkan kembali berbagai sektor yang sempat terganggu, selain sektor ekonomi, pemerintah juga mulai meningkatkan kembali sektor pendidikan salah satunya kembali meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan program khusus ini siswa SD hingga SMA bakal mendapat bantuan sebesar Rp 1 juta.

Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan 1 juta rupiah ini?

Caranya sangatlah mudah, pertama siswa atau orang tua harus memberi tahukan ke pihak sekolah jika anaknya belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kedua orang tua siswa harus memberikan data-data anaknya kepada sekolah. Kemudian sekolah memberikan data siswa yang belum memiliki KIP melaporkan ke disdik agar masuk ke Data Pokok Pendidikan sebagai penerima Program Indonesia Pintar (PIP).

Jika seluruh data sudah masuk ke Dapodik, maka akan menjadi acuan Kemdikbud untuk menyetujui sebagai penerima manfaat PIP.

Agar lebih jelas, simak bagaimana cara agar dapat bantuan Rp 1juta dari pemerintah di bawah ini:

  1. Mendaftar melalui sekolah masing-masing
  2. Sekolah memasukkan data siswa yang layak penerima PIP ke Dapodik
  3. Dinas Pendidikan melakukan pengusulan berdasarkan data hasil verifikasi
  4. Menyampaikan data calon penerima PIP
  5. Verifikasi data dan peningkatan SK Kementerian Penerbitan penerima manfaat KIP.
  6. Dinas menyurat ke sekolah tentang siswa penerima PIP.
  7. Sekolah memberi tahu siswa jadwal pengambilan dana PIP.
Semoga Bermanfaat

Itu lah alur bagaimana cara mendapatkan uang Rp 1 juta dari pemerintah bagi pelajar atau orang tua yang masih memilik anak sekolah.

Program pemerintah ini diberikan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Program bantuan PIP bagi siswa SD hingga SMA ini memprioritaskan siswa kurang mampu dan peserta Program Keluarga Harapan, atau pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan