ArtBraga Kembali Gelar Pameran, Kini Seniman Belanda Turut Tampilkan Karya Seninya

BANDUNG – Danielle Lemaire dan Jan Van Den Dobbelsteen, merupakan dua orang seniman berdarah Belanda yang turut membangun gairah seni di Kota Bandung, Jawa Barat.

Bagaimana tidak, karya-karya yang sudah dibuat tak hanya menjad komsumsi pribadi, namun mereka sajikan agar bisa dinikmati masyarakat.

Tak hanya itu, pasangan suami istri tersebut bahkan mengajak dan mengajarkan warga hingga anak-anak Braga dalam membuat karya seni.

Danielle mengatakan, pada 2012 lalu mereka sempat membuat pameran seni di Jalan Braga tepatnya di Rumah Seni Ropih.

“Pada 10 tahun lalu kita buat pameran. Makanya pada pameran tahun ini di Rumah Seni Ropih juga, kita bertemakan Kunjungan Keluarga,” kata wanita berdarah Belanda itu kepada Jabar Ekspres, Minggu (11/12).

Menurutnya, tema Kunjungan Keluarga pada pameran tahun ini menjadi memori atas kegiatan dan aktivitas mereka dengan Kota Bandung.

Diketahui, Danielle dan sang suami yang akrab disapa Jan, sudah sejak lama tertarik terhadap kesenian, bahkan tak hanya seni lukis tapi semua unsur seni menjadi daya tarik pasangan berdarah Belanda tersebut.

Mereka pun aktif mengajarkan seni yang diikuti oleh peserta didik dari manca negara, seperti Rusia, Korea Selatan, Jepang, Indonesia dan beberapa mahasiswa dari negeri lain.

“Di akademi desain saya selalu bertanya kepada mahasiswa, untuk lebih jelas apakah mereka akan menjadi seniman atau desainer,” ujar Danielle.

Melalui pantauan Jabar Ekspres, karya-karya seni yang dipamerkan oleh Danielle bersama Jan di Rumah Seni Ropih, terlihat cukup menarik perhatian warga Bandung.

Antusiasme terpancar dari ekspresi warga Bandung ketika melihat satu-persatu karya seni hasil tangan pasangan suami istri berdarah Belanda itu.

Diskusi mengenai karya seni pun dilakukan di de Braga Artotel, mulai dari alasan membuat karya sampai makna setiap karya dijelaskan Jan serta Danielle.

Jan menyampaikan, potensi seni di Kota Bandung sudah ada dan dinilai besar, namun sampai saat ini masih perlu dukungan serta perhatian dari pihak pemerintah.

“Ruang yang lebih serius dan dukungan pemerintah yang lebih besar diharapkan bisa memajukan karya seni dan seniman Kota Bandung menuju Internasional,” ucap Jan.

Tinggalkan Balasan