Link Lengkap Daftar Penerima Bansos dan BLT dan Cara Cek Data Nama

Bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima kartu prakerja akan mendapatkan bantuan total sebesar Rp 3,5 juta. Angka ini terbagi menjadi Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta Rp 150 ribu insentif survey keberhasilan mendapat pekerjaan pasca mengikuti pelatihan.

Untuk mengikuti program kartu prakerja, peserta bisa mendaftar melalui website resmi prakerja di www.prakerja.go.id.

  1. BLT UMKM

BLT UMKM adalah program bantuan langsung tunai dari pemerintah untuk pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) yang perlu mengembangkan bisnis untuk kesejahteraan perekonomian.

Diperuntukkan kepada 12 juta pelaku usaha, program ini juga merupakan langkah pemerintah dalam menekan dampak kenaikan harga BBM. Nominal uang BLT UMKM yang akan dicairkan adalah sebesar Rp 600 ribu. Untuk mengecek daftar penerima bansos BLT UMKM bisa melalui link linkeform.bri.co.id dan BNIbanpresbpum.id.

  1. Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat miskin berupa Kartu Keluarga Sejahtera. Kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari di e-warung terdekat.

Mekanisme penyaluran bantuan ini dilakukan secara non-tunai melalui sistem perbankan. Adapun nilai bantuan ini sebesar Rp 200 ribu per bulan per KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Dana ini tidak dapat diambil tunai. Apabila tidak digunakan bantuan ini akan tetap tersimpan dan diakumulasi. Untuk mengecek data penerima manfaat Bansos BPNT bisa dilakukan melalui websitecekbansos.kemensos.go.id.

  1. Bansos PBI JK

Bantuan Sosial Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (Bansos PBI JK) adalah batuan yang diberikan pemerintah di bidang kesehatan.

Penerima bansos PBI JK akan mendapatkan bantuan berupa layanan BPJS Kesehatan secara percuma. Pemerintah yang akan membayarkan Iuran BPJS Kesehatan tersebut. Mereka yang berhak mendapatkan bansos PBI JK ini haruslah termasuk dalam kriteria masyarakat miskin dan tidak mampu yang divalidasi melalui kementrian sosial.

  1. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat desa pasca pandemi COVID-19. Hingga September ini, BLT Dana Desa masih terus dicairkan oleh pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan