Cara Menghemat Baterai HP Android Biar Nggak Boros Saat Dipakai Liburan Akhir Tahun

Jabarekspres.com – Buat kamu yang sudah memiliki rencana untuk liburan akhir tahun, perlu mengetahui cara menghemat baterai HP android, terlebih lagi bila kamu tidak memiliki powerbank. Maka tips dan cara menghemat baterai ini perlu kamu coba dan aplikasi-kan.

Baterai adalah komponen terpenting dari sebuah hp. Baterai dengan kapasitas daya yang besar tentu akan awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tetapi, pada hp yang memiliki kapasitas baterai terbatas tentu diperlukan trik khusus agar awet dan tidak gampang boros.

Banyak faktor yang membuat baterai hp jadi cepat habis, mulai dari penggunaan aplikasi sampai koneksi internet. Namun gak usah khawatir, sebab ada cara untuk menghemat baterai yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Berikut beberapa cara untuk hemat baterai pada handphone Android :

1. Kurangi kecerahan pada layar hp

Cara pertama adalah mengurangi tingkat kecerahan pada layar. Menggunakan kecerahan yang tinggi membutuhkan daya besar, tentu bisa menguras baterai dan membuat cepat habis.

Kamu bisa mengaturnya tingkat kecerahan pada menu pengaturan yang tersedia di semua hp Android. Kamu juga bisa menonaktifkan fitur kecerahan otomatis atau adaptif.

Pasalnya, fitur ini memang khusus dirancang untuk menyesuaikan dengan tingkat kecerahan secara otomatis, tetapi fitur ini juga bisa membuat layar jadi cerah berlebihan.

2. Hindari aplikasi yang berjalan dilatar belakang

Langkah berikutnya adalah membuang aplikasi yang terus berjalan di latar belakang yang bahkan saat tidak digunakan pun bisa menguras baterai hp. Sebab itu, hilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan di jendela latar belakang.

Kamu bisa memeriksa secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang berjalan. Jika ada, secepatnya aplikasi tersebut kamu hilangkan atau nonaktifkan sementara.

3. Matikan GPS

Melansir dari laman Developer Android, cara signifikan dalam menghemat baterai hp adalah dengan cara mematikan fungsi GPS. Kamu bisa menonaktifkan fitur GPS atau lokasi pada menu notifikasi.

Kamu juga bisa menonaktifkan melalui pengaturan > lokasi > geser tombol untuk menonaktifkan fitur GPS.

4. Aktifkan mode hemat daya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan