Dalam Kampanye Global “Keeping Kids Clean & Healthy”, Guardian Indonesia Bangun Fasilitas Air Bersih di Ciapus Bandung

BANDUNG – Sekitar 18 juta orang Indonesia kekurangan air bersih dan 20 juta kekurangan akses ke fasilitas sanitasi yang lebih baik.

Melihat kondisi tersebut, ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka, Guardian dari PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, sekaligus membangun fasilitas akses air bersih di Desa Ciapus, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung yang diresmikan pada 29 November 2022.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Save the Children Indonesia, yaitu organisasi non-pemerintah yang peduli terhadap anak-anak seluruh dunia. Program ini sejalan dengan program global “Keeping Kids Clean & Happy” yang dilakukan secara serentak di beberapa negara lainnya.

Dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP, Director of Guardian Indonesia, Naresh Kalani, dan Direktur Advocacy Communication Campaign Media & Marketing Communications Save the Children Indonesia, Troy Pantouw.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP mengatakan, Untuk menggambarkan keadaan kesehatan suatu lingkungan, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memiliki akses air bersih dan sarana sanitasi dasar.

“Kabupaten Bandung telah mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dari pemerintah, berupa penerapan program strategis untuk mendapatkan sanitasi dasar yang layak di Bandung,” ujar Sumiarso, Selasa (29/11).

Program tersebut fokus pada 5 pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS); Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS); Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (PAM-RT); Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT); serta Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, “Dalam pelaksanaannya tentu membutuhkan fasilitas air bersih agar kegiatan sanitasi dasar masyarakat berjalan dengan baik. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung membuka kemitraan strategis dengan mitra swasta, dalam hal ini Guardian,” jelas Sumiarso.

Dukungan, komitmen, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, komunitas dan swasta diperlukan untuk mewujudkan sanitasi dasar yang layak untuk semua lapisan masyarakat di Bandung.

Pembangunan fasilitas air bersih yang diinisiasi oleh Guardian merupakan bagian dari kampanye global “Keeping Kids Clean & Healthy” yang bertujuan untuk memberikan akses air bersih ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan fasilitas sanitasi. Kampanye ini juga memiliki berbagai program kebersihan dan kesehatan untuk anak-anak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan