Situasi Terkini Pasca Gempa di Cianjur, Banyak Rumah Roboh, Warga Berteriak Mencari Bantuan

CIANJUR – Gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur yang terjadi pada pukul 13.21 (21/11/2022) mengejutkan banyak orang terutama warga Jawa Barat dan semua wilayah yang terdampak bencana.

Situasi terkini pasca gempa di Cianjur masih diliputi ketegangan yang ditampilkan pada sebuah video viral yang beredar di akun media sosial Twitter.

Akun Twitter bernama @Kangjaill membagikan unggahan video yang memperlihatkan situasi warga sekitar wilayah Cianjur.

Tampak dari video yang direkam sembari menaiki mobil itu, banyak rumah warga yang roboh dan hancur. Ratusan warga pun berhamburan berkumpul di pinggir jalan untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

“Cianjur hancur semua nih rumah,” ujar si perekam video.

Terlihat juga dalam rekaman video seorang warga berteriak mencari anggota keluarganya yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Sang perekam video pun mengarahkan mobil untuk memutar balik arah dikarenakan jalan utama sudah tertutupi timbunan longsor.

“Kita putar balik ini sampling cianjur, putar balik cari jalan alternatif karena di jalan utama sudah tertutup longsor. Jadi mau gak mau kita putar balik.”

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai berapa banyak jumlah korban jiwa akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Gempa  berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang wilayah Cianjur, pada Senin 21 November siang. Warga berhamburan keluar rumah dan gedung akibat guncangan gempa yang cukup besar.

Dilansir dari akun twitter @bmkg, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu berada di kedalaman 10 kilometer pada pukul 13.21.10 WIB.

Guncangan terasa hingga wilayang Bogor, Karawang, Bekasi hingga sebagian wilayah Kota Bandung.

Adapun koordinatnya tepatnya berada di 6.84 LS-107.05 BT (10 km Barat Daya KAB-CIANJUR-JABAR). Gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun warga perlu berantisipasi dengan adanya gempa susulan. (bbs)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan