Kembangkan Potensi Pemuda Putus Sekolah, Kartar Cigombong Beri Pelatihan Wirausha

JabarEkspres.com – Sebagai upaya mengembangkan potensi dan bakat generasi muda. Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cigombong memberikan pelatihan seni kerajinan tangan berbahan dasar bambu di Kampung Benteng, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kegiatan tersebut dilakukan melalui Divisi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) serta Divisi Pendidikan dan Pelatihan pada Karang Taruna Kecamatan Cigombong.

Ketua Divisi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna Aban Sudrajat menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada para pemuda yang ada di setiap desa Kecamatan Cigombong.

”Kegiatan ini merupakan pelatihan yang pertama kali dilakukan. Sasarannya pemuda usia produktif yang sudah putus sekolah dan karang taruna desa,” kata Aban Sudrajat kepada JabarEkspres.com, Minggu, 20 November 2022.

Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan bakat para anak muda. Agar dapat merubah pola pikir bahwasanya, limbah bambu dapat menghasilkan produk yang berdaya guna bahkan berdaya jual.

”Mereka kami kenalkan produk yang dihasilkan dari bambu, khususnya hasil produksi Sagala Tina Awi (semua berbahan bambu) seperti gelas bambu, tumbler bambu, kotak rokok, gantungan kunci dan yang lainnya,” terang Aban.

Adapun teknik yang diajarkan kepada para pemuda adalah teknik dasar tentang bagaimana tata cara memotong dan menggergaji bambu yang baik dan benar.  Praktik tentang tata cara menghaluskan bambu, serta pengenalan jenis-jenis bambu yang dapat digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan.

Sementara itu, Ketua Divisi Pendidikan dan Pelatihan, Egi Virgiawan mengungkapkan, kegiatan ini disi oleh pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang sudah cukup memiliki banyak jam terbang dan tergabung di dalam Karang Taruna.

Hal ini dapat menjadikan motivasi bagi peserta pelatihan dan juga dapat dijadikan sebagai acuan bagi para pemuda.

”Kami ingin dengan mereka berkarya, maka dapat menjadikan sumber penghasilan. Di samping itu, dapat membuka lapangan kerja baru jika dibarengi dengan niat dan konsisten,” bebernya.

Dia menilai, kegitan tersebut dapat berguna bagi pengembangan generasi muda. Di samping dapat mengurangi dan memanfaatkan limbah.

Dia juga menilai, pelatihan dapat memberikan ilmu serta wawasan dan menumbuhkan bakat pemuda untuk berkarya di tengah modernisasi global dan perkembangan pembangunan di wilayah Kecamatan Cigombong yang kian pesat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan