Dukung Cegah Stunting, Distan Buat Program Gekssor

Jabarekspres.comPemerintah Kabupaten Bandung terus berupaya mencegah meningkatnya angka stunting. Salah satu yang dilakukan adalah, membuat program yang diberi nama Gekssor (gerakan konsumsi sayuran, susu dan telur).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran melalui Kabid Penyuluhan Yayan Agustian mengatakan, program Gekssor merupakan inovasi yang dilakukan untuk mencegah stunting.

Gekssor disarankan bagi ibu-ibu hamil dan menyusui juga bagi anak berusia di bawah tujuh tahun yang mengalami gagal tumbuh kembang.

”Jenis sayuran yang dapat mencegah stunting di antaranya, kangkung, bayam, brokoli, dan sayuran lainnya.” Kata Yayan, kepada wartawan, di Aula Desa Dampit Kec Cicalengka Kabupaten Bandung Kamis (17/11).

Menurutnya, Gekssor tidak memerlukan biaya mahal. Paling murah harganya, yaitu makan telur dan minum susu serta makanan yang mengandung protein. ”Ibu-ibu hamil juga bisa minum susu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna mengungkapkan, Gekssor merupakan program dan inovasi yang dilakuka Dinas Pertanian dalam upaya pencegahan stunting dengan sasaran ibu hamil dan anak-anak dengan katagori stunting.

”Mereka sengaja dikumpulkan untuk mendapatkan bantuan paket makanan dalam upaya pencegahan stunting,” kata Emma Dety.

Pada kesempatan itu, Ema didampingi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Yayan Agustian memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak dengan katagori stunting di Desa Dampit Kecamatan Cicalengka.

”Kita juga di sini sekaligus memberikan bantuan 90 paket makanan yang berisi sayuran, susu dan telur,” terangnya.

Emma mengingatkan kepada ibu-ibu hamil dengan usia diatas 35 tahun agar melakukan persalinan di rumah sakit. Sebab, pada usia itu sudah masuk katagori hamil dengan resiko tinggi.

”Usia 35 itu merupakan usia rawan dan berisiko tinggi dikhawatirkan ibu atau bayinya meninggal. Makanya, kita berusaha memberikan makanan seperti itu,” bebernya.

Pada kesempatan itu juga Emma Dety turut menjelaskan jenis-jenis makanan bergizi yang harganya murah, namun mengandung protein dan bagus untuk kesehatan tubuh.

”Cukup dengan makanan yang sederhana yang bisa ditemukan sehari- hari dan gizi yang seimbang. Ada sayuran dan ada juga buah-buahan, selain telur tadi. Makan sayuran diusahakan lebih banyak, dan telur minimal tiga butir setiap harinya,” pungkasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan