Doa Saat Amarah Meledak, Dibaca Agar Tenang dan Terhindar dari Hasutan Setan

JABAREKSPRES.COM – Ketika seseorang sedang tersulut emosinya dan mengalami kemarahan, Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa yang sebaiknya segera di ucapkan saat amarah sedang meledak.

Pasalnya, kondisi emosional yang tidak terkendali akan mudah dimasuki setan yang kemudian menghasutnya untuk melakukan hal-hal yang kelak akan disesalinya.

Karena seseorang yang sedang emosi, tidak akan mampu berfikir dengan jernih. Sehingga mudah sekali terhasut.

Bacaan doa yang dianjurkan dibaca ketika seseorang tengah naik pitam hingga api kemarahan menyelimutinya, adalah doa yang diajarkan Rasulullah kepada istrinya, Siti Aisyah ra.

Berikut bacaan doa untuk meredakan amarah dan menghindari hasutan setan, seperti dikutip dari islam.nu.or.id.

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنْ مُضِلَّاتِ الفِتَنِ

Allâhumma Rabban nabiyyi Muhammadin, ighfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî min mudhillātil fitani.

Artinya, “Ya Allah, Tuhan Nabi Muhammad, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh (setan) yang menyesatkan dalam cobaan.”

Riwayat ini dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin. Riwayat ini dimasukkan ke dalam amalan yang dapat memadamkan api kemarahan seseorang.

Amalan membaca doa tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam mengatasi kemarahan.

Selain upaya lain yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri seperti yang diajarkan Rosulullah, yakni dengan berwudhu, duduk, dan berbaring. Wallahu a’lam.

 

Tinggalkan Balasan