ICAS-Fest Banyak Diisi Pertunjukan Tari Kontemporer, Ini 3 Modal Utama Sebagai Penari

BANDUNGPenari adalah orang yang menggerakkan tubuh secara berirama dengan penghayatan penuh untuk mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran.

Adakah disini yang ingin menjadi penari? Tentunya harus mempunyai persiapan untuk menjadi penari yang mumpuni. Tidak hanya sekedar melenggak-lenggokan tubuhnya saja, seorang penari harus mempunyai skill khusus.

Pertunjukan karya inovatif yang disajikan oleh ICAS-Fest (International Cutural Art Space Festival) ISBI Bandung, terdapat 5 sajian karya tari kontemporer yakni Halu Oleo (Sulawesi Tenggara), Bahagia (Aceh), Baphaang (Kalimantan Barat), Ngaruhu’k’ng (Jawa Barat), Sa Papua (Papua).

Seorang penata tari maupun penari tentunya memiliki proses kreatif untuk menciptakan karyanya sedemikian rupa. Komposisi gerak sekecil apapun bagi seorang seniman dapat dipastikan memiliki kesadaran daya kreatif.

Pertunjukan inovatif ditampilkan di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung pada tanggal 10 November 2022. Untuk menjadi seorang penari yang baik dan mumpuni, ada 3 modal utama yang harus dimiliki. Antara lain seperti  :

  1. Wiraga

Titik penekanannya terletak pada gerak tubuh manusia. Bekal yang

harus dimiliki oleh seorang penari adalah kondisi dan kemampuan gerak yang siap pakai melalui proses latihan yang tidak instan. Sebab seorang penari berbicara lewat gerak tubuhnya. Bagaimanapun juga seorang penari yang mempunyai bakat gerak akan lebih mudah untuk mengungkapkan tujuan utamanya

dari pada penari yang hanya memiliki kemauan saja karena terdorong oleh hobi belaka.

  1. Wirama

Kemampuan untuk menafsirkan kekuatan irama yang sangat terkait dengan musik sebagai iringannya. Pengaturan gerak disesuaikan dengan karakter tari yang disajikan atau tingkat emosional karakter. Penekanan-penekanan secara khusus tentu saja terjadi pada setiap menyajikan sebuah karakter tari, sebab tanpa adanya penekanan khususnya tentang irama sajian tari terasa monoton.

  1. Wirasa

Yang dimaksud wirasa merupakan isi, rasa, atau kualitas. Seorang penari ataupun penata tari harus memiliki kemampuan mengungkapkan ide-ide atau karakter tari yang bakal disajikan melalui bentuk-bentuk fisik, penjiwaan dan pengahayatan.

Itulah tiga modal utama yang harus dimiliki oleh seorang penari. Penguasaan ketiga hal tersebut dapat dilakukan secara bertahap melalui latihan dan jam terbang. Dengan memaksimalkan ketiga modal tersebut, tentu saja, kamu akan sangat berpotensi menjadi penari professional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan